Aneh tapi Nyata, Keunikan 5 Kota Ini Bikin Melongo

Sabtu, Juni 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Hobi liburan dengan bepergian jarak jauh biasanya dilakukan dengan mengunjungi lokasi seperti tempat wisata. Namun, bila bosan, beberapa kota kecil yang unik juga bisa jadi alternatif.

Beberapa kota di belahan dunia ada yang saking uniknya, sampai dinilai aneh dan anti-mainstream. Karenanya, kota-kota tersebut cocok buat yang ingin mendapatkan suasana baru.
Berangkat dari sana, mengutip Times of India, berikut lima kota aneh tapi nyata yang keunikannya bisa jadi pengalaman baru.

1. Nagoro, Jepang


Kota terpencil bernama Nagoro yang terletak di lembah Shikoku boleh jadi hanya setitik di peta Jepang. Namun, Ayano Tsukimi, seorang pengrajin boneka ternama, sukses menyulap kota tersebut menjadi sorotan dunia.
Diceritakan, ketika Ayano pulang ke kampung halamannya itu, ia sedih karena selain jadi sepi lantaran penduduknya pergi ke kota besar untuk cari kerja, kota kecil tersebut kini bak kehilangan pesonanya.
Dari sana, Ayano mulai membuat boneka sebesar manusia untuk meramaikan kota tempat tinggalnya itu. Ia pun menempatkan boneka-boneka itu di lokasi seperti pemancingan atau ladang. Kota tersebut pun kini jadi terkenal unik, meski banyak juga yang menilai aneh.

2. Pulau Kihnu, Estonia


Pulau Kihnu, Estonia (Foto: iStock)
Merupakan salah satu pulau matriarki terakhir di dunia, Pulau Kihnu menjadi sorotan karena mayoritas penduduknya, bahkan pimpinannya, adalah perempuan. Hal tersebut sudah menjadi tradisi pulau kecil yang terletak di Laut Baltik tersebut selama berabad-abad.
Seperti yang dilaporkan, para pria di pulau tersebut pergi melaut selama berbulan-bulan. Kebanyakan dari mereka adalah nelayan. Mereka meninggalkan para perempuan untuk melindungi tradisi, memerintah di pulau, serta menurunkan budaya ke anak-anak mereka.
Karena keunikan tersebut, beberapa menilainya aneh. Terlepas dari itu, Pulau Kihnu terbuka untuk umum sehingga bisa jadi salah satu alternatif destinasi wisata yang tentunya menyuguhkan pengalaman baru bagi para pengunjung.

3. Giethoorn, Belanda

Kota aneh ini berada di Provinsi Overijssel. Kota Giethoorn merupakan salah satu destinasi yang cukup tenang lantaran tidak memiliki jalanan. Alih-alih jalanan, orang-orang bepergian lewat kanal, bahkan pengantar surat sekalipun.
Karena cara bertransportasi itu, Kota Giethoorn mendapat julukan Little Venice. Kotanya termasuk terpencil dan sunyi. Bahkan, situs resmi kota itu mengklaim bahwa suara paling kencang adalah dari bebek. Destinasi wisata yang cocok buat pencari ketenangan.

4. Shani Shingnapur, India

Pintu depan saja tidak ada, apalagi kunci dan gembok. Meski begitu, penduduk di kota kecil Shani Shingnapur, India, tetap merasa aman. Fenomena tersebut tentu dinilai unik dan jarang terjadi di seluruh dunia.
Alasannya tak lain adalah kepercayaan terhadap Dewa Shani, sebagai pelindung. Mereka percaya adanya hukuman berat bagi pencuri. Menariknya, bank dan kantor polisi juga tidak ada pintu depan. Demi merasakan pengalaman unik, kota satu ini bisa jadi pertimbangan.

5. Santa Cruz del Islote, Kolombia

Sering kali disebut sebagai pulau paling padat penduduk di dunia, Santa Cruz del Islote di Kolombia merupakan kota kecil yang dikelilingi oleh laut. Ada 1.200 penduduk di kota kecil tersebut, tapi tidak ada aliran air, saluran pembuangan, rumah sakit, polisi, bahkan listrik.

Menjadi kota aneh karena penduduknya sangat padat di tempat yang luasnya hanya kurang dari satu hektar. Meski begitu, dilaporkan tidak ada kekerasan, kejahatan, ataupun perghibahan. Buat yang penasaran, bisa coba berwisata ke sana karena terbuka untuk umum. (bob)

Sumber : kumparan.com

0 comments: