Berawal dari Hobi, homedecoryogya Sukses Berdayakan Perajin Lokal

Rabu, Juni 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Jakarta - Tren dekorasi rumah semakin berkembang di masyarakat. Hal ini terlihat dari antusias orang yang ingin menciptakan suasana rumah menjadi nyaman dan estetik. Tak hanya itu, saat ini kreativitas dalam mendekorasi rumah juga dijadikan sebagai hobi oleh masyarakat untuk mengisi waktu luang.

Mendekorasi rumah memang menjadi hal yang menyenangkan. Bahkan jika terus digeluti, hobi ini bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai pundi penghasilan seperti halnya yang dilakukan oleh owner homedecoryogya, Sismi Rahayu.

Berawal dari gemar mendekorasi isi rumah hingga membuat hiasan dinding, Sismi dan suami akhirnya memutuskan untuk mendirikan homedecoryogya di tahun 2020. Meski awalnya didirikan hanya berdua, saat ini usaha miliknya telah memiliki karyawan. Bahkan, produknya pun telah terjual hingga ke berbagai wilayah di Indonesia.

"Di mulai dari dua orang, saat ini homedecoryogya telah memiliki empat karyawan serta memberdayakan sepuluh perajin lokal. Saya senang dan bangga sekali dapat mengangkat produk buatan lokal melalui homedecoryogya dan memberikan kesempatan bagi karya para perajin lokal untuk dapat didistribusikan dan bermanfaat untuk konsumen yang berasal dari segala penjuru Indonesia," ungkap Sismi dalam keterangan tertulis

Lebih lanjut, Sismi bercerita mendirikan usaha di tengah pandemi tentu bukanlah hal mudah. Alih-alih menyerah, ia justru terus berinovasi dan menawarkan berbagai pilihan kreasi produk mulai dari stand laptop, pigura, hingga rak baju gantung dan masih banyak lagi.

Melihat banyaknya masyarakat yang menghabiskan waktu di rumah saat pandemi, Sismi juga mengajak para perajin lokal untuk memproduksi barang yang dapat membuat rumah terlihat nyaman, rapi, dan estetik. dengan bahan dasar kayu pinus natural dan jati Belanda.

Di samping itu, Sismi juga mengembangkan bisnisnya secara online. Terlebih perilaku belanja masyarakat kini mulai bergerak ke ranah digital dalam memenuhi kebutuhan. Kondisi inilah yang membuat Sismi mempelajari cara berbisnis dan mengembangkan bisnis online.

Selain memanfaatkan sosial media untuk promosi bisnis, Sismi juga bergabung dengan Shopee untuk memperkuat online presence dan mempermudah akses konsumen. Dengan jangkauan yang semakin luas, homedecoryogya pun semakin mudah dikenal dan diminati oleh konsumen. Hal ini juga berpengaruh terhadap peningkatan omzet penjualan.

"Sejak berjualan online bersama Shopee, penjualan homedecoryogya mengalami peningkatan yang cukup signifikan, khususnya saat mengikuti program kampanye yang dihadirkan Shopee, penjualan bisa naik hingga 50%. Ini tidak terlepas dari bantuan Shopee yang selalu peduli terhadap keberlangsungan bisnis penjual, selalu melakukan inovasi terbaru yang senantiasa membantu kami sebagai seller untuk terus berkembang. Berbagai program dan kampanye besar yang ditawarkan oleh Shopee seperti 6.6 Rumah dan Hobi Sale yang diikuti oleh homedecoryogya juga turut mendongkrak penjualan kami," paparnya.

Sismi juga menambahkan peningkatan penjualan ini juga tak lepas dari upaya dirinya yang kerap memanfaatkan memanfaatkan berbagai program dan inovasi di Shopee, khususnya fitur promo serta kampanye Shopee. Menurut Sismi, kampanye yang dihadirkan setiap bulannya tidak hanya memberikan keuntungan bagi pembeli, tetapi juga bagi pelaku usaha.

Selain membantu dari sisi penjualan, Sismi mengaku Shopee juga memberikan pendampingan bagi para penjual untuk terus belajar dan berinovasi. Sebab, menurutnya, memperhatikan perkembangan tren dengan terus berinovasi juga penting dalam keberlangsungan bisnis. Selain itu, menjaga kualitas produk juga diperlukan dalam menggaet minat pelanggan.

"Melakukan usaha yang tumbuh dari kegemaran sangat menyenangkan karena kita akan senantiasa merasa terdorong untuk terus berkreasi dan berinovasi, menciptakan produk-produk yang tidak hanya dirasakan memiliki nilai jual tinggi, namun juga dapat bermanfaat untuk banyak orang, agar brand tidak hanya bertahan namun juga bertumbuh pesat," katanya.

"Selain itu, selalu jaga kualitas dan nilai produk juga menjadi hal yang perlu diperhatikan agar brand yang kita miliki dapat lebih diingat dan diminati oleh pelanggan. Jangan lupa untuk selalu belajar dan menambah wawasan serta mengenali dengan baik tren yang diminati konsumen, dengan itu kita bisa meraih konsumen baru dan mendorong pelanggan lama untuk tetap loyal pada brand kita. Terus semangat untuk lakukan yang terbaik, karena kelak hasil akan mengikuti," imbuhnya.

Meski usahanya kini telah bertumbuh pesat, Sismi mengatakan ke depannya Home Decor Yogya akan tetap terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produknya. Sismi pun berharap Home Decor Yogya dapat menjadi brand yang dapat memenuhi segala macam preferensi pengguna, serta menjadi inspirasi bagi para pelaku UMKM lainnya.

Sumber : detik.com

0 comments: