Budaya Bahasa Indonesia dengan Permasalahannya

Jumat, Juni 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Indonesia sebagai negara yang begitu beragam dari suku, budaya bangsa dan bahasa. Seperti diketahui secara umum Indonesia memiliki 718 bahasa daerah dan bahasa Indonesia itu sendiri sebagai bahasa resmi nasional. Dengan ini bahasa berarti merupakan jati diri dari bangsa dan negara itu sendiri. Bahasa yang begitu beragam banyaknya sudah menjadi ejawantah dari budaya leluhur Bangsa Indonesia itu sendiri.
Tidak bisa dipungkiri, ada cukup banyak bahasa daerah yang sudah punah atau terancam punah. Persoalan budaya bahasa cenderung membawa negara kita ke situasi yang darurat budaya Bahasa. Bahasa Indonesia dengan segala bahasa daerah dan suku budaya yang ada sudah mulai menghilang perlahan-lahan karena perkembangan zaman.
Globalisasi adalah sebagian dari penyebab hilangnya bahasa daerah dari budaya bangsa Indonesia adalah globalisasi, khususnya globalisasi di bidang teknologi dan informatika. Serbuan gelombang globalisasi melalui media massa dan sosial media yang masuk ke berbagai daerah jelas berkontribusi bagi merosotnya bahasa lokal.
Masuknya budaya asing yang membawa pola hidup dalam berbahasa mulai berubah. Memang globalisasi diperlukan terhadap negara berkembang, dari hal itu bukan berarti kita harus meninggalkan atau melupakan Bahasa suku budaya asli bangsa kita.
Persoalan-persoalan yang menyebabkan beberapa dampak buruk yang di mana salah satunya adalah ketika kita melupakan bahasa nenek moyang kita maka anak cucu bangsa Indonesia tidak akan mewarisi dari apa yang seharusnya mereka ketahui.
Saat perkembangan zaman atau globalisasi sudah mulai merambat sampai ke dalam masyarakat adat yang kental dalam menjaga budaya bahasa mereka maka dari hal itu diperlukan suatu pencegahan agar tidak hilangnya bahasa dari leluhur bangsa Indonesia yang beragam suku budaya bahasanya.
Melihat yang situasi dalam masalah saat ini sepertinya semakin banyak bahasa daerah yang punah maka pemerintah dan masyarakat perlu melakukan sejumlah langkah strategis untuk menangani permasalahan tersebut. Misalnya, pemerintah daerah perlu membuat aturan kebijakan atau regulasi mengenai perlindungan bahasa daerah (dan sastra) dan juga peraturan terhadap dunia pendidikan seperti sekolah-sekolah untuk memasukan bahasa-bahasa daerah sebagai salah satu pembelajaran.

Budaya yang sudah mengikuti perkembangan zaman ini sangat disayangkan jika bangsa Indonesia yang sekarang masih tidak sadar akan pentingnya menjaga budaya bahasa kita dan Ini sungguh fatal jika kita biarkan itu terjadi, maka semua persoalan ini perlu disadarkan kepada setiap individu agar kita dan penerus bangsa di masa depan tidak memberikan masa depan yang terlihat melupakan budaya Bahasa dari leluhur bangsa Indonesia ini sendiri.

Dengan ini kita sebagai generasi penerus bangsa mendapatkan tanggung jawab kedepannya agar hal-hal ini tidak sampai mehilangkan unsur sejarah dari leluhur bangsa ini.





Sumber : kumparan.com

0 comments: