Candi Borobudur Dipilih jadi Lokasi World Premiere G20 Orchestra September Nanti

Rabu, Juni 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Candi Borobudur Dipilih jadi Lokasi World Premiere G20 Orchestra September Nanti
Candi Borobudur. (Dok: Kemenparekraf)

Suara.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek menunjuk Ananda Sukarlan sebagai Direktur Artistik G20 Orchestra. Ananda sendiri merupakan seorang komponis sekaligus pianis kenamaan Indonesia.

Kata Ananda, pembentukan orkestra ini merupakan inisiatif Direktur Jenderal Kebudayaan yaitu Hilmar Farid. Nantinya, orkestra yang dipimpin oleh Ananda Sukarlan diharapkan dapat tampil setiap tahun di pertemuan G20 selanjutnya.

"Menurut saya ini keren. Beliau menghubungi saya awal tahun ini dan meminta saya merealisasikannya. Saya berharap orkes ini bisa terus berlanjut di pertemuan G20 di setiap tahun di negara berbeda," kata Ananda Sukarlan dikutip dari siaran pers, Rabu (15/6/2022).

Sementara itu, World Premiere G20 Orchestra rencananya akan dilaksanakan di Candi Borobudur pada 12 September 2022. Rencananya, acara tersebut akan dihadiri oleh para Menteri Kebudayaan negara-negara G20 serta undangan VVIP lainnya.

Tak hanya itu, acara musik megah tersebut juga akan disiarkan melalui secara langsung melalui TV dan media-media lokal dan internasional negara peserta G20

Kata Ananda, penampilan tersebut akan menjadi kesempatan penting bagi musikus-musikus Tanah Air. Nantinya para musikus yang terlibat akan dipilih melalui proses audisi yang sudah dimulai dan ditutup pada 7 Juli 2022 nanti.

"Audisi ini bisa dilakukan oleh para musikus berusia di bawah 30 tahun dengan mengunduh permainan mereka di YouTube, sehingga permainan mereka memang secara transparan bisa dilihat oleh publik," katanya.

Candi Borobudur sendiri kerap dijadikan sebagai lokasi pertunjukan musik megah di Tanah Air. Dengan latar belakang candi Buddha yang menawan, kesan magis dan mewah Candi Borobudur dapat memberikan suasana konser musik makin syahdu.

Pada tahun 2018 lalu, diva dunia Mariah Carey pernah melakukan konser tunggal di kawasan Candi Borobudur. Pun dengan boyband legendaris Westlife juga pernah digelar di sana pada tahun 2019.

Sementara Ananda Sukarlan merupakan komponis sekaligus musikus Indonesia pertama yang diundang oleh Portugal setelah pulihnya hubungan diplomatik Portugal - Indonesia di tahun 2000. Saat itu, Ananada didaulat menjadi solois dari Portuguese Symphony Orchestra.

Tak hanya itu, Ananda juga pernah mempererat hubungan budaya Indonesia - Italia dan dianugerahi gelar kesatriaan tertinggi "Cavaliere Ordine della Stella d'Italia" dari Presiden Italia, Sergio Mattarella.

Sumber : suara

0 comments: