Cara Melacak Motor Hilang, Ikuti Tips Ini

Senin, Juni 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi pencurian sepeda motor. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Cara melacak motor hilang mungkin menjadi pertanyaan banyak orang. Kehilangan sepeda motor menjadi salah satu hal yang sangat merugikan. Jika terjadi kehilangan, Anda dapat melakukan pelacakan untuk mengetahui keberadaan sepeda motor.
Sepeda motor menjadi salah satu kendaraan yang populer di Indonesia. Dilansir dari laman Badan Pusat Statistik, jumlah sepeda motor di Indonesia pada tahun 2020 sebesar 136.137.451 unit. Jumlah sepeda motor yang cukup besar juga membuat angka pencurian kendaraan sepeda motor cukup besar.
Misalnya, kawasan Jogja mencatat kasus pencurian kendaraan sepeda motor sebanyak 106 kasus menurut laman Dataku DIY. Hal tersebut menjadikan pencurian sepeda motor menempati urutan ketiga dalam kasus pencurian di kawasan Jogja.
Lalu, bagaimana cara melacak motor yang hilang? Berikut ini adalah ulasannya.

Cara Melacak Motor Hilang

Cara Melacak Motor Hilang
Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mencari motor yang hilang. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melacak motor yang hilang.
1. Melaporkan Kasus Kehilangan ke Pihak Berwajib
Cara pertama yang dapat dilakukan pertama kali adalah melaporkan kasus kehilangan sepeda motor ke pihak berwajib seperti polisi. Mengutip dari laman Moladin, polisi dapat melacak keberadaan sepeda motor melalui beberapa cara. Polisi dapat menggunakan rekaman lalu lintas, menanyai warga sekitar hingga menggunakan info intelijen agar motor yang hilang dapat segera ditemukan.

Polisi dapat membantu melacak kendaraan yang hilang. Namun, Anda akan dimintai keterangan serta melengkapi semua berkas yang dibutuhkan sebagai laporan kehilangan.
2. Membuat Informasi Kehilangan Melalui Media Sosial
Selain melakukan pelaporan melalui pihak berwajib, Anda dapat membuat informasi kehilangan melalui media sosial seluas mungkin. Dikutip dari laman Moladin, Anda dapat memberitahukan kehilangan motor melalui platform WhatsApp, Facebook, Twitter hingga Instagram.

Anda juga dapat menyebarkan informasi kehilangan tersebut melalui forum-forum yang tersedia di media sosial. Anda dapat melakukan penyebaran informasi sepeda motor yang hilang melalui forum media sosial berbasis daerah atau akun sosial media berbasis daerah. Informasi kehilangan juga dapat disebarkan melalui media massa. Hal ini dapat dilakukan untuk mempercepat pelacakan keberadaan sepeda motor.
3. Memasang GPS Tracker
Seperti kata pepatah, sedia payung sebelum hujan. Anda dapat melakukan pemasangan GPS tracker pada sepeda motor untuk melacak keberadaan sepeda motor. Mengutip dari laman Moladin, pemasangan GPS tracker memang memiliki biaya yang cukup mahal. Namun, keamanan motor akan lebih terjamin.

Pelacak ini sangat penting bagi pemilik usaha rental motor atau kepemilikan pribadi. Anda dapat menggunakan beberapa produk layanan GPS tracker. Contohnya adalah GPS Tracker Super Spring. Alat ini memiliki banyak fitur dan layanan yang diberikan.

GPS Tracker Super Spring memiliki call center 24 jam dan memiliki 40 kantor cabang di Indonesia. Keberadaannya telah ada sejak tahun 2008 sehingga memiliki banyak pengalaman. Anda juga dapat melacak kendaraan melalui aplikasi yang telah disediakan yakni Super Spring. Alat ini juga dapat mematikan mesin dari jarak jauh.
Harganya memang cukup mahal yakni mulai dari Rp 1,29 juta. Tetapi, keamanan dan kemudahan pelacakan menjadi salah satu hal yang dapat diberikan oleh alat ini.

Sumber : kumparan.com

0 comments: