Catat! 5 Solusi Agar Budaya Indonesia Tidak Diklaim Negara Lain

Jumat, Juni 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Solusi agar budaya Indonesia tidak diklaim negara lain seperti Reog Ponorogo (Foto Wonderful Madiun)

ADA beberapa solusi agar budaya Indonesia tidak diklaim negara lain. Indonesia memang sangat kaya dengan budaya dan sebagian di antaranya terkenal hingga mancanegara. Tapi, beberapa di antara budaya nusantara seperti batik, Reog Ponorogo, keris, dan songket pernah diklaim oleh negara lain.

Beberapa waktu lalu sempat heboh terkait rencana Malaysia mengajukan Reog sebagai warisan budayanya ke UNESCO. Setelah mendapat protes dari Indonesia, pihak Malaysia kemudian mengklarifikasinya.

Untuk melindungi agar budaya Indonesia tidak diklaim oleh negara lain memang butuh kepedulian bersama. Berikut beberapa solusi : 

1. Mengajarkan Budaya Negara kepada Orang Lain

Cara melestarikan budaya bangsa Indonesia adalah mengajarkan budaya tersebut ke orang lain. Dengan begitu orang lain bisa mengetahui budaya tersebut.

2. Menjaga dan Melestarikan Budaya

Perlu digaris bawahi, bahwa budaya Indonesia akan terus ada yang mengklaim negara lain, jika rakyatnya sendiri saja tidak melestarikan budaya yang dimiliki. Caranya dengan mempelajari budaya lokal dari buku, ensiklopedia, internet.

3. Tidak Melupakan Budaya Negara

Seiring dengan perkembangan zaman, terkadang budaya mulai terkikis dan terlupakan. Salah satu cara agar budaya tak diklaim negara lain, kamu bisa coba ikut kegiatan kebudayaan. Sebagai contoh kamu bisa ikut menonton festival budaya yang memperlihatkan berbagai macam tarian budaya.

4. Tidak Mudah Terpengaruh oleh Budaya Lain

Meski budaya lain sudah masuk ke Tanah Air, usahakan agar kamu tidak mudah terpengaruh hingga membuat lupa dengan budaya lokal.

5. Kenalkan Budaya ke Dunia Internasional

Mengenalkan budaya lokal ke kancah internasional menjadi salah satu solusi agar tidak diklaim oleh negara lain.

Caranya, dengan mengunggah video atau foto yang memuat informasi soal budaya daerah kamu di media sosial. Perlihatkan bertapa bangganya warisan budaya yang diberikan lokalmu di tengah-tengah era globalisasi.


Sumber : okezone.com

0 comments: