Catat! 5 Tips Aman Konsumsi 'Junk Food' Bagi Penderita Diabetes

Senin, Juni 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi. Foto: iStock

Jakarta - Selama ini junk food tidak direkomendasikan bagi seseorang yang memiliki masalah kesehatan, terutama pengidap diabetes. Sebab, junk food banyak dituding menjadi salah satu pemicu masalah kesehatan.

Junk Food bukan hanya makanan cepat saji, tetapi beberapa makanan olahan dan makanan ringan juga bisa dikategorikan menjadi junk food. Dengan beberapa kandungan yang dimiliki oleh junk food, bisa memicu penyakit diabetes.

Namun, ada kalanya seseorang berada dalam situasi yang tidak bisa menghindari untuk makan di restoran cepat saji dengan berbagai alasan. Dikutip dari detikHealth, ada beberapa tips agar penderita diabetes tetap bisa menyantap junk food dengan lebih aman.

1. Pesan dengan Racikan Khusus
Penderita diabetes tidak perlu sungkan untuk memberikan catatan kepada penjual saat memesan makanan junk food. Mereka bisa memberikan catatan agar makanan yang disajikan tidak menggunakan bahan-bahan tertentu yang dianggap akan memperburuk kondisi kesehatan.

2. Kurangi Saus
Saus yang penuh lemak dan mayones menjadi salah satu bahan yang perlu dihindari oleh penderita diabetes. Jangan sungkan memberi catatan untuk tidak menggunakan bahan-bahan tersebut saat memesan.

Ada baiknya penderita diabetes bertanya ke penjual mengenai ketersediaan saus tanpa lemak. Jika ternyata tidak tersedia, lebih baik menyantapnya tanpa saus.

3. Pilih Burger Tanpa Keju
Burger sering dianggap menjadi makanan yang tidak sehat lantaran dibuat dengan bahan-bahan berlemak. Tanpa bahan tersebut sebenarnya burger cukup aman dikonsumsi.

Hal itu membuat penderita diabetes disarankan memesan burger tanpa keju dan saus.

4. Pilih Makanan dari Sayuran
Sejumlah resto makanan cepat saji menawarkan menu makanan dengan sayur, seperti salad. Makanan seperti ini lebih sehat untuk dipilih.
Pilih menu salad atau makanan berbasis sayuran yang jika memungkinkan bisa ditambah dengan protein sehat lainnya seperti ayam atau tahu.

5. Pilih Makanan Tanpa Digoreng
Makanan yang dimasak dengan minyak tidak baik untuk kesehatan. Bila memungkinkan, pesanlah makanan di restoran cepat saji dengan menu-menu yang dimasak dengan cara dipanggang.


Sumber : detik.com

0 comments: