Cikini hingga Gondangdia, 5 Destinasi Kuliner Legendaris yang Wajib Kamu Coba!

Rabu, Juni 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Selain kaya akan nilai tradisi, Indonesia juga kaya akan keberagamaan kuliner. Tak terkecuali di Jakarta. Meski sudah banyak tempat makan kekinian yang buka, tapi, ada kesan tersendiri ketika kita makan di tempat yang sudah ada sejak zaman kolonial.

Yup, di Jakarta masih ada tempat yang berusia sangat tua tapi masih kerap dikunjungi oleh para pecinta kuliner ibukota. Selain bisa memanjakan lidah dengan rasanya yang enak, tempat makan itu juga bisa kita jadikan pembelajaran akan sejarah. 

Karena di setiap sendok yang kita suap di tempat makan tersebut, ada perjalanan sejarah yang bisa ditelusuri. Apa saja sih tempat makan yang masih eksis sampai sekarang? Langsung aja baca di bawah ini ya!

1. Gado-gado Bon Bin

Buat kamu yang tinggal di daerah Cikini, mungkin udah nggak asing ya dengan tempat makan ini. Gado-gado Bon Bin udah berdiri sejak tahun 1960 lho! Walau tempatnya nggak luas, tapi rasanya tanpa batas! Biasanya, pas weekend, tempat makan ini kerap kali ramai oleh pengunjung.

Jika kamu ingin mencicipi rasa gado-gado legendaris ini, kamu langsung aja pergi ke Jalan Cikini IV Nomor 1, Cikini. Harga seporsi gado-gado dipatok sebesar Rp 35.000. Dijamin deh, padu padan sayuran dengan bumbu kacangnya yang medok, bisa bikin lidah kamu nggak berhenti ngunyah!

3 dari 6 halaman

2. Mie Ayam Gondangdia

Kamu wajib untuk coba makan di Mie Ayam Gondangdia deh. Berdiri sejak tahun 1968, tempat makan ini berlokasi di Jalan RP Soeroso Nomor 36, Cikini, Menteng. Harga mi ayam di sini berkisar Rp 27.000 per porsi. Selain mi, tempat makan ini juga menawarkan menu lain seperti kwetiaw, fuyunghai, dan lainnya.

4 dari 6 halaman

3. Restoran Trio

Restoran ini udah berdiri sejak tahun 1947, dua tahun pasca kemerdekaan Indonesia. Konsep restoran ini selayaknya rumah makan biasa, tapi kalau untuk urusan cita rasa, nggak usah ditanya nikmatnya! Desain interior dari restoran ini juga masih berkonsep jadul lho.

Kalau kamu mau mencicipi masakan dari Restoran Trio, kamu tinggal pergi ke jalan RP. Soeroso Nomor 29A, Gondangdia. Ada banyak menu chinese food di sini lho, kamu bisa pilih sesuai selera ya! Untuk harga, kisarannya cukup mahal, Rp 100.000 per orang, tapi dengan kamu menikmati interior yang jadul dan rasa yang nikmat, worth it buat kamu coba!

5 dari 6 halaman

4. Soto Betawi H. Ma'ruf

Tempat makan yang sudah berdiri sejak tahun 1940 ini, berlokasi di Jalan Pramuka Nomor 64, Cikini. Soto Betawi H. Ma'ruf terkenal dengan sotonya yang lezat dan cita rasa yang nggal pernah berubah seiring perkembangan generasi penerusnya. Kuah santannya yang medok dengan isian tulang muda dan tulang rawan, cocok banget buat makan siang kamu sekalian.

Untuk seporsi soto betawi dipatok mulai dari Rp 38.000 per porsi. Jika kamu ingin mencicipi Soto Betawi H. Ma'ruf, kamu bisa berkunjung mulai dari jam 10 pagi ya!

 

6 dari 6 halaman

5. Kikugawa

Kikugawa merupakan restoran Jepang pertama dan tertua di Indonesia. Restoran ini pertama kali dibuka pada tahun 1969, di jalan Cikini IV Nomor 13, Menteng, Jakarta Pusat. 

Nggak cuma menawarkan menu makanan yang ikonik, tapi interior vintage, lampu yang temaram, sampai meja dan kursi dari kayu rotan kuno semakin menambah kesan klasik restoran ini.

Di Kikugawa, ada dua sesi jam buka restoran. Sesi pertama buka dari jam 11.30 - 14.30 untuk jam makan siang. Lalu sesi kedua, buka jam 17.30 - 21.00 untuk waktu makan malam. Di sini, kamu bisa menikmati Tenpura Zaru Soba, Yakitori, dan Salmon Gyoza yang sangat populer.

Bagi penggemar udon, kamu bisa mencicipi Beef Yaki Udon. Selain itu, Kikugawa juga memiliki Kiku Set yang berisi sashimi, tenpura, sukiyaki, yakitori yang dilengkapi dengan nasi putih dan sup miso.

Sumber : liputan6

0 comments: