Daftar 5 Negara Tertua di Dunia, Iran hingga Korea Utara

Jumat, Juni 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


BEBERAPA negara diketahui telah berusia ribuan tahun dan dinobatkan sebagai negara tertua di dunia.

Penghitungan usia negara-negara tersebut didasarkan pada peradaban kuno yang ada di wilayah negara itu.

Lantas, apa negara tertua di dunia? Melansir iNews, berikut daftar 5 negara tertua di dunia berdasarkan laporan World Atlas.

5. Korea Utara

Negara yang memiliki nama resmi Republik Rakyat Demokratik Korea ini mempunyai sejarah yang panjang sekitar abad ke-7 SM selama periode kerajaan pertama. Wilayah Korea Utara merupakan lokasi Gojoseon atau Korea Kuno pada 2.333-108 SM. Kerajaan ini didirikan oleh seorang bernama Dangun.

 infografis


4. Armenia

Armenia merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia Barat. Dalam bahasa setempat, Armenia disebut sebagai Hayk. Kata tersebut berasal dari nama sang pendiri yang hidup sekitar tahun 2.500 SM. Dalam data arkeologi mengungkapkan jika bangsa ini telah dihuni sejak zaman perunggu atau sekitar 4000 SM.

3. Vietnam

Dikutip dari World Atlas, Vietnam masuk dalam jajaran negara paling tua di dunia. Sejarah awal negara yang berada di kawasan Asia Tenggara ini bermula dari Dinasti Hồng Bàng (2.879 SM-258 SM). Dinasti Hồng Bàng adalah dinasti yang sangat tua, bahkan beberapa sejarawan menganggap Dinasti tersebut sebagai sebuah mitos belaka. 4. Armenia Armenia merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia Barat. Dalam bahasa setempat, Armenia disebut sebagai Hayk. Kata tersebut berasal dari nama sang pendiri yang hidup sekitar tahun 2.500 SM. Dalam data arkeologi mengungkapkan jika bangsa ini telah dihuni sejak zaman perunggu atau sekitar 4000 SM.


2. Mesir

Mesir masuk jajaran negara tertua di dunia dan telah dihuni manusia sejak zaman kuno. Negara diperkirakan sudah ada sejak 3100 SM. Sebagian besar sejarawan setuju bahwa Mesir merupakan tempat lahirnya peradaban, seperti penulisan dan pemerintahan. Salah satu sistem penulisan paling tua yang dikenal manusia yakni Hieroglif, juga berasal dari Mesir. Mesir pertama kali berada di bawah kekuasaan Persia lalu kemudian Yunani. Selama bertahun-tahun, bangsa ini telah dibangun oleh peradaban seperti Romawi, Yunani, dan Nubia.

1. Iran

Iran merupakan negara tertua di dunia yang dahulu bernama Persia. Beberapa peradaban paling awal yang dimiliki bangsa ini termasuk zaman Elam dan Jiroft. Elam merupakan orang yang bertanggung jawab mendirikan Iran selama era Proto-Elam atau Susa III.


Sumber : OKEZONE 

0 comments: