Deretan Mata Kuliah Nyeleneh dan Unik di Dunia, dari Wine hingga Harry Potter

Kamis, Juni 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Foto: Getty Images/Alena Kravchenko/Deretan Mata Kuliah Nyeleneh dan Unik di Dunia, dari Wine hingga Harry Potter

Pernah membayangkan mempelajari mata kuliah ilmu sereal hingga Harry Potter di bangku perkuliahan? Di penjuru dunia, ternyata ada mata kuliah yang tidak hanya mempelajari sains, teknologi, atau ilmu sosial melainkan hal-hal yang cukup nyeleneh.

Umumnya, mata kuliah unik ini erat kaitannya dengan kebudayaan atau kebiasaan manusia. Mengutip dari laman Top Universities berikut adalah daftar mata kuliah aneh dan nyeleneh tapi menarik untuk dipelajari.


Daftar Mata Kuliah Paling Aneh di Dunia:

1. Wine
Cornel University memiliki mata kuliah yang mempelajari bagaimana cara membuat wine. Hal yang dipelajari adalah aspek non fermentasi dari produksi wine.

Mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini diharapkan dapat berpikir kreatif dan menunjukkan rasa penasaran.

2. Paleontologi
Tertarik mempelajari fosil? Paleontologi bisa menjadi pilihan kaliah. Mata kuliah ini terdapat di Nazarbayev University.

Universitas ini pada awalnya diminta untuk menyelamatkan fosil ichthyosaurus yang ditemukan di Kazakhstan.

Laurent Richard selaku Profesor dari Nazarbayev University mengatakan bahwa Fosil ichthyosaurus, reptil laut yang punah dan ditemukan 90 persen lengkap, termasuk kepala, sirip, tulang rusuk, dan tulang belakang.

Menjadikan paleontologi sebagai mata kuliah akan melibatkan mahasiswa untuk melakukan upaya konservasi. "Karena mereka berpartisipasi dalam upaya konservasi untuk menjaga warisan geologis Kazakhstan di dalam negeri," ucapnya.

3. Forgetting of Air
Forgetting of air mempelajari udara, tubuh, dan pikiran melalui konteks yang berbeda. London Metropolitan University menyediakan mata kuliah ini.

Tujuannya agar membantu mahasiswa memahami budaya melalui panca indera yang berpengaruh terhadap cara pandang seseorang melihat arsitektur.

Mata kuliah ini juga berhubungan dengan filosofi, estetika, dan lingkungan.

4. Penerbitan Buku Komik
Sebenarnya mata kuliah penerbitan buku komik tidak terlalu aneh. Namun cukup unik dipelajari. Mata kuliah ini ada di Minneapolis College of Art and Design (MCA).

Hal yang dipelajari yaitu memproduksi dan mempromosikan buku komik cetak maupun online. Selain itu juga mempelajari pemindaian, proses mencetak, dan memasarkan.

5. Ilmu Sereal
Kansas State University mempunyai mata kuliah unik yaitu ilmu sereal. Mahasiswa akan mengetahui karakteristik sereal, kacang-kacangan, komponen, dan cara mengolah sereal.

6. Harry Potter
Familiar dengan Harry Potter? Buku fenomenal yang telah difilmkan. Departemen Pendidikan dari Durham University menawarkan mata kuliah Harry Potter dan Zaman Ilusi.

Mata kuliah ini termasuk dalam kajian budaya populer. Hal yang dipelajari yaitu keterkaitan buku Harry Potter dan pendidikan kewarganegaraan. Juga metode penulisan cerita dan interpretasi fiksi terhadap kebijakan pendidikan.

7. Kanibalisme, Peradaban, Kejahatan Terorganisir, dan Korupsi
Kanibalisme, peradaban, kejahatan terorganisir, dan korupsi ada di Kazakhstan's University yang termasuk ke dalam ranah ilmu Antropologi Sosiologi.

Profesor dari Nazarbayev University Gavin Slade mengatakan, mata kuliah ini dapat memberikan perspektif yang unik kepada mahasiswa mengenai sejarah manusia hingga bentuk dari masyarakat melalui sejarah.

"Mahasiswa ingin mempelajari topik yang tidak biasa, sehingga kursus ini mendapatkan masukan yang baik secara keseluruhan," ujar Slade.

Nah, itulah daftar mata kuliah aneh dan nyeleneh yang ada di dunia.



Sumber : detik.com

0 comments: