Dibangun Tahun 1909, Ini Fakta Menarik Bendungan Engehalde Tempat Jasad Anak Ridwan Kamil Ditemukan

Jumat, Juni 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


BENDUNGAN Engenhalde, Swiss kini menuai perhatian setelah kabar ditemukannya anak Ridwan Kamil.

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah ditemukan pada Rabu 8 Juni 2022.

Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut ditemukan pukul 6.50 pagi waktu setempat di permukaan Bendungan Engehalde.

“Polisi maritim dari polisi cantonal Bern menemukan jenazah di tampungan bendungan dan kemudian mengevakuasinya,” demikian keterangan polisi setempat dilansir dari media lokal 20 minuten.

Lokasi penemuan jasad dari tempat hilangnya di Sungai Aare itu cukup jauh. Jaraknya mencapai 5,1 kilometer bila diukur dari Googlemaps.

Dirangkum Okezone berikut sederet fakta menarik Bendungan Engenhalde:

1. Lokasi bendungan

Bendungan Engehalde (Stauwehr Engehalde) sendiri berada di Wehrweg, 3014 Bern, Swiss.

2. Berusia 113 tahun

Melansir rowing.ch, bendungan ini dibangun pada pada tanggal 1 November 1909 dan sudah berusia sekitar 113 tahun.

3. Tempat menyaring sampah

Bendungan Engenhalde mempunyai beberapa fungsi, salah satunya adalah untuk menyaring sampah yang terbawa arus Sungai Aare. Sampah-sampah berupa plastik, hingga sampah organik, seperti kayu besar, akan disaring di Bendungan Engehalde ini melewati saringan di sisi bendungan.

Sampah tersebut kemudian diambil menggunakan mesin dan dikeluarkan dari bendungan supaya tidak mengotori sungai. Sampah organik maupun non-organik akan terjaring di mesin tersebut. Tak semua orang diizinkan masuk, hanya petugas berwenang yang bisa ke Bendung Engehalde.

4. Pembangkit listrik

Keberadaan Bendungan Engehalde merupakan bagian dari Pembangkit listrik Felsenau (Krafwerk Felsenau) berlokasi di Felsenaustrasse 47, 3004 Bern, Swiss. Posisi Bendungan Engehalde dengan pembangkit listrik Felsenau dibuat sedemikian rupa dengan memanfaatkan kontur Sungai Aare yang berkelok di Semenanjung Enge.

Bendungan ini dibangun untuk menahan aliran Sungai Aare dan airnya di saluran ke turbin listrik di Felsenau melalui Semenanjung Enge. Pada 1912, pembangkit listrik Felsenau memasok 64 persen listrik yang dikonsumsi di Kota Bern.

5. Suhu dingin

Air di bendungan ini sangat jernih, tetapi di bulan-bulan yang merupakan peralihan dari musim dingin ke panas, airnya cenderung sangat dingin. Suhu air di Bendungan Engehalde ini dipengaruhi juga oleh suhu cuaca sekitar kawasan tersebut.

Sumber : okezone

0 comments: