Festival Bon Odori, Kegiatan 'Beraroma' Jepang yang Dilarang Diikuti Muslim Malaysia

Sabtu, Juni 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


MENTERI Agama Malaysia, Idris Ahmad mengimbau kepada masyarakat muslim di Malaysia untuk tidak berpartisipasi dalam acara Festival Bon Odori.

Pasalnya, setelah dilakukan penelitian oleh departemen pengembangan Islam (Jakim), menemukan bahwa festival tersebut dipengaruhi oleh unsur-unsur agama lain.

“Oleh karena itu, kami menyarankan umat Islam untuk tidak berpartisipasi dalam festival atau program lain yang bertentangan dengan iman dan keyakinan mereka,” kata Idris melansir laman Free Malaysia Today.


Tradisi Seks Bebas di Kamboja

Sebuah poster promosi untuk Festival Shah Alam menampilkan ilustrasi anime yang menampilkan seorang wanita berhijab yang mengenakan kimono. Poster tersebut menuai beberapa komentar kritis di media sosial.

Sebenarnya apa sih Festival Bon Odori itu? Festival ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh komunitas Jepang di Malaysia. Ini tahun pertama festival kembali digelar setelah dua tahun vakum karena pandemi Covid-19.

Festival itu dibuat oleh komunitas Buddhis Jepang untuk menghormati leluhur mereka. Nantinya acara tersebut akan berlangsung di Selangor di Kompleks Olahraga Nasional Shah Alam (Panasonic) pada 16 Juli 2022 dan di Penang pada 30 Juli 2022.

Klub Jepang Kuala Lumpur menggambarkan festival Bon Odori dimulai sebagai urusan kecil bagi ekspatriat Jepang untuk mengenalkan anak-anak mereka tentang budaya Jepang pada tahun 1977. Kemudian berkembang jadi acara tahunan yang diikuti hingga 35 ribu peserta setiap tahunnya.

Sekarang telah berkembang menjadi acara tahunan yang sangat ditunggu-tunggu. dari sekitar 35.000 peserta setiap tahun.

Festival ini menampilkan budaya Jepang dan mencakup pertunjukan drum dan tarian Bon Odori. Tahun ini, juga memperingati 40 tahun kebijakan Look East Malaysia.


Sumber : OKEZONE 

0 comments: