Hotel 'Berhantu' di Bedugul Bali Disoroti Media Asing

Rabu, Juni 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Tabanan - Hotel mewah di Bedugul, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali menjadi sorotan media asing. Bahkan hotel ini dijuluki sebagai 'istana hantu'.

Adalah Daily Star, media yang berbasis di Inggris, yang menyoroti hotel mewah di Bedugul dan konon berhantu itu. Hotel yang disebut dalam Daily Star adalah Taman Rekreasi Hotel & Resort.

Dari desain bangunannya, hotel tersebut sejatinya memiliki fasilitas yang super mewah. Kamar-kamarnya memiliki balkon yang luas dan menawarkan view yang indah.

Jika dilihat dari luar, hotel itu masih tampak kokoh, hanya saja sebagian atap dan bangunan dari kayu lapuk dan rubuh. Selain itu, bangunan hotel kotor, berdebu, banyak noda di sana-sini, dan tumbuh rumput liar di mana-mana.

Rupanya, hotel itu tidak pernah benar-benar menerima tamu. Hotel itu ditinggalkan pengelola sebelum dibuka. Tidak ada keterangan resmi soal alasan kenapa hotel mewah itu tidak pernah beroperasi.

Warga sekitar menyebut hotel itu dibangun pada 1990-an. Beragam spekulasi pun ramai bermunculan di masyarakat.

Penduduk setempat, yang percaya takhayul, meyakini bahwa hotel itu kini telah menjadi istana hantu. Karena kosong dalam tempo yang lama, hotel tersebut menarik pengunjung dari dunia lain.

Sumber lain menyebut hotel tersebut dibangun oleh putra mantan presiden Soeharto, Tommy. Hotel itu tutup seiring dengan Tommy yang masuk penjara pada 2002. Namun, rumor ini tidak pernah terkonfirmasi kebenarannya.

Kabar lain yang muncul adalah adanya pekerja konstruksi yang meninggal dunia saat hotel ini dibangun. Mereka meyakini tukang yang meninggal dunia itu tidak pernah meninggalkan tempat tersebut.

Gosip lain menyebut hotel itu batal dibuka karena pemilik modal yang merupakan pengusaha Tionghoa kehabisan uang.

Ada juga yang menyebut hotel itu tidak pernah dibuka karena tidak memiliki kelengkapan administrasi. Sudah begitu, kerangka bangunan dan fondasi tidak memenuhi standar keamanan, serta pembebasan tanahnya terkendala.

Dua turis Australia belum lama ini memasuki hotel itu. Mereka menceritakan pengalaman di Facebook (FB).

"Mama dan saya berdiri di tangga paling atas dan saat saya berteriak ada yang merespons. Kami berdua mendengar ada suara tetapi tidak ada orang lain. Di saat bersamaan suhu udara menjadi dingin," kata turis itu.

"Terasa kalau di dalam hotel itu indah tetapi berhantu. Hotel itu juga sangat kotor," dia menambahkan.

Turis lain memiliki pengalaman serupa.

"Ketika putri saya dan saya sendiri pergi ke sana, kamera saya mulai mati dengan sendirinya," kata si turis.

"Kami berdua juga mengira kami mendengar sopir kami memanggil kami, tetapi ketika kami bertanya kepadanya, dia memberi tahu kami bahwa dia tidak melakukannya," dia menambahkan.

Sumber : detik.com

0 comments: