Jelajahi Romantisnya Wisata Air Kalimas Surabaya, Bikin Betah Berlama-Lama

Jumat, Juni 03, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


WALI Kota Surabaya Eri Cahyadi meresmikan wisata air Kalimas di Dermaga Monumen Kapal Selam. Wisata baru ini menjadi kado istimewa bagi masyarakat di Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-729. Prosesi peresmian itu ditandai dengan pemotongan untaian bunga yang dilakukan oleh Wali Kota Eri didampingi oleh Kepala Staf Koarmada II (Kaskoarmada II) Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi dan juga Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Republik Indonesia Hilmar Farid.

Setelah meresmikan Wisata Air Kalimas itu, mereka pun naik perahu mulai dari Dermaga Monkasel menyusuri Sungai Kalimas yang kian cantik di malam hari. Setelah tiba di Dermaga Grahadi atau belakang Gedung Negara Grahadi yang berseberangan juga dengan Dermaga Taman Prestasi, mereka berhenti dan ternyata sudah disambut oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.



Mereka pun sudah disambut dengan alunan musik dari Taman Prestasi. Tak lama kemudian, Gubernur Khofifah juga ikut menaiki perahu rombongan ini. Mereka pun sejenak menghampir Dermaga Taman Prestasi yang pada saat itu juga ada pasar apung yang menjual produk-produk UMKM Kota Surabaya. Rombongan susur sungai ini pun mencoba menikmati produk UMKM itu.

Setelah itu, mereka terus menyusuri Sungai Kalimas, dan sebelum sampai di Dermaga Taman Ekspresi, mereka sudah disambut oleh alunan saxophone tunggal yang ada di atas perahu. Tiba di Dermaga Taman Ekspresi, rombongan ini pun juga disambut oleh alunan musik. Mereka pun berhenti di dermaga itu. Bahkan, rombongan ini juga sempat melihat Museum Pendidikan yang ada di kawasan Taman Ekspresi itu.

Selanjutnya, mereka terus menyusuri Sungai Kalimas hingga tiba di Dermaga Siola. Seusai menyusuri Sungai Kalimas, Wali Kota Eri mengatakan Pemkot Surabaya memang ingin membangkitkan kembali Wisata Air Kalimas, karena Gubernur Khofifah sempat menyampaikan pesan bahwa di belakang Grahadi bisa dipakai juga untuk wisata. Bahkan, ada beberapa masyarakat yang menyampaikan bahwa dulunya Surabaya juga dikenal dengan wisata airnya, makanya dia pun ingin menghidupkan kembali Wisata Air Kalimas itu.

"Saya yakin ini bisa jadi primadona wisata di Kota Surabaya. Makanya tadi saya juga mengajak Pak Dirjen, Pak Kaskoarmada II, dan bunda gubernur untuk menyusuri Sungai Kalimas ini,” kata Wali Kota Eri.

Pada saat menyusuri Sungai Kalimas itu, mereka pun sempat diskusi dan menyampaikan bahwa kalau ada saxophone lebih banyak akan lebih berkelas wisata air ini. Makanya, ke depan dia memastikan akan menambahkan saxophone, spot foto, spot musik dan juga spot untuk UMKM, sehingga ketika menikmati Wisata Air Kalimas itu, tidak hanya sekadar lewat saja, tapi juga ada beberapa spot yang bisa dikunjungi.

"Jadi, insyallah mulai besok warga Surabaya sudah bisa menikmati perahu di Wisata Air Kalimas ini. Insyallah nanti di sini instagramable lah," ujarnya.

Sementara itu, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud Ristek Republik Indonesia Hilmar Farid mengaku sangat beruntung bisa ikut yang pertama kalinya ketika diluncurkan Wisata Air Kalimas ini.

“Ini sangat, sangat terkesan, karena ternyata Surabaya kalau dilihat dari Kalimas ternyata punya dimensi yang berbeda," kata Hilman.

Bahkan, ia juga mengaku sempat berdiskusi dengan Wali Kota Eri tentang beberapa kemungkinan untuk dikerjasamakan pementasan senimannya, ditambahkan lagi beberapa atraksinya, sehingga diharapkan Wisata Air Kalimas ini akan terus ramai oleh pengunjung.

“Jadi, ini diramaikan terus lah, nanti bisa kerjasama dengan kementerian juga," katanya.

Adapun yang mungkin bisa dikerjasamakan adalah pentas seninya. Apalagi, selama dua tahun terakhir ini para seniman sudah tidak bisa pentas, sehingga saat ini sudah waktunya mereka keluar.

“Jadi, kita berharap dengan Pak Wali Kota nanti akan ada diskusi lanjutan untuk membicarakan program-program ke depannya untuk meramaikan Wisata Air Kalimas ini. Pemerintah pusat siap support lah," katanya.


Sumber : OKEZONE 

0 comments: