Jelang Galungan, Ngelawang Barong Pukau Bule di Seminyak

Rabu, Juni 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Damuh Alit asal Banjar Kediri, Desa Kediri, Tabanan, ngelawang barong di Jalan Petitenget, Seminyak, Badung, Bali, Selasa (7/6/2022). Foto: Triwidiyanti/detikBali

Badung - Sehari menjelang Hari Raya Galungan, Selasa (7/6/2022) malam, jalanan di Pantai Petitenget, Seminyak, Kabupaten Badung, Bali, mendadak macet. Ternyata ada pertunjukan barong yang dilakukan sekelompok remaja bernama Damuh Alit asal Banjar Kediri, Desa Kediri, Tabanan. Meski jalanan menjadi macet, para wisatawan asing terlihat menikmati pertunjukan ini.

Para remaja ini nampak asyik menabuh gamelan dan memamerkan budaya Bali, ngelawang barong ke wisatawan yang lalu lalang. Dengan berpakaian adat Bali berudeng dan kamen hitam, penampilan mereka pun memukau turis di sepanjang Jalan Petitenget. Saking asyiknya, tak jarang para bule ini ikut bergoyang. Para remaja ini juga menyodorkan kotak donasi saat pertunjukan.


George (40), wisatawan asing asal Australia, bersama pasangannya nampak menikmati penampilan remaja yang mengaku masih duduk di bangku SMA dan SD ini. Ia mengaku menyukai budaya Bali.

"Yes, i love it, i like culture Bali, interesting (Ya, saya suka, saya suka budaya Bali, menarik)," ucapnya kepada detikBali.

Rian, salah satu perwakilan dari Damuh Alit mengatakan, mereka sengaja datang dari Tabanan ke Seminyak untuk melestarikan budaya Barongan. "Ya kami sengaja ke sini dari Kediri Tabanan," jelasnya.

Ditanya mengapa jauh sekali dari Tabanan ke Seminyak, Rian mengaku ia dan teman-temannya sengaja ingin menunjukkan budaya Bali kepada para wisatawan asing.

"Tadi dimulai dari Pantai Petitenget, ya paling sampai di sini saja," ucapnya.


Sumber : detik.com

0 comments: