Kisah Horor Sumiati, Hantu Perempuan Pemburu Pemuda yang Melegenda

Selasa, Juni 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


SETIAP kota dan daerah hampir pasti memiliki kisah urban legend-nya masing-masing. Urban legend biasanya berupa mitos atau legenda kontemporer yang sering kali dipercaya secara luas sebagai sebuah kebenaran.

Kebanyakan berkaitan dengan misteri, horor, ketakutan, humor, atau bahkan kisah moral. Dan biasanya urban legend itu kisahnya ada terus menerus hingga lintas generasi.

Seperti halnya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Bagi masyarakat Makassar pasti tidak asing dengan kisah hantu Sumiati yang dikenal sangat menakutkan.

Dilansir dari YouTube Snap Movie, legenda hantu Sumiati ini sudah ada sejak tahun 90-an. Munculnya Sumiati ini berasal dari sebuah tempat bernama Karaenta.

Karaenta merupakan kawasan hutan yang ada di Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Karaenta adalah kawasan hutan yang dilindungi karena tempat ini berdiamnya berbagai macam spesies flora dan fauna, dan juga berbagai keanekaragaman hayati yang biasanya digunakan untuk pelatihan ilmiah. Selain itu, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat untuk mempertahankan cadangan air bawah tanah.

Munculnya hantu Sumiati berawal dari seorang siswi yang tiba-tiba kerasukan makhluk halus. Kemudian siswi tersebut menunjuk sebuah tempat. Orang-orang yang coba menenangkan siswi itu pun menuruti kemauannya untuk menuju tempat yang ditunjuk.

Tempat itu berada di sebuah hutan lindung di Karaenta, tepatnya di pohon beringin tua yang sangat besar. Sejak saat itulah hantu Sumiati kerap menampakkan diri di tempat itu. Beberapa orang juga mengaku melihat hantu Sumiati di taman di pusat Kota Makassar hingga di pinggir jalan.

Memakai baju merah

Menurut kabar yang beredar, hantu Sumiati ini sebenarnya tidak berbahaya, asal dia menampakkan diri menggunakan pakaian serba putih. Mitosnya dia hanya ingin memberitahu keberadaannya

Namun lain cerita jika ia mengenakan baju merah. Konon, jika ia menampakkan diri dengan baju merah, menandakan akan ada korban yang diincar. Manusia yang melihat sosok Sumiati dengan balutan baju merah akan mendapatkan musibah, seperti kematian, kecelakan atau kesialan atau malapetaka lainnya.

Siapa sebenarnya Sumiati?

Sumiati dikisahkan merupakan perempuan yang hendak mengadu nasib dan bekerja di Kota Makassar. Kota Makassar di kala itu suasana jalannya masih sangat sepi dan belum banyak lampu jalan seperti sekarang ini.

Saat hendak pulang usai bekerja di Pasar Sentral Makassar, Sumiati mengalami nasib sial. Ia disekap oleh kawanan pemuda yang ditemuinya di jalan. Suasana sepi dan sunyi membuat Sumaiti tak berdaya melawan.

Malam itu keperawanannya direnggut secara bergantian oleh para pemuda bejat itu. Setelah dirudapaksa, perempuan malang itu dibawa ke dalam mobil untuk dipindahkan ke tempat lain agar jejaknya tidak terendus masyarakat.

Selama perjalanan, Sumiati mengetahui pemuda itu merupakan tukang becak, sopir truk hingga angkutan kota (angkot).

Di dalam mobil Sumiati banyak melakukan perlawanan, namun tidak sengaja salah seorang dari pria itu membunuhnya. Akhirnya jasadnya pun dikubur seenaknya.

Menemui ajal dalam keadaan tak wajar membuat arwah Sumiati menjadi tidak tenang. Arwahnya pun konon gentayangan dan menjadi hantu paling menakutkan.

Hantu Sumiati bermunculan di Kota Makassar dan mengincar pemuda yang bekerja sebagai tukang becak dan sopir truk angkutan kota yang memiliki persamaan profesi dengan si pelaku pembunuhan. Sejak saat itulah Kota Makassar menjadi gempar.

Konon kabarnya lagi, Sumiati banyak meneror pria berbaju merah. Sebab saat itu pria yang memperkosanya menggunakan baju merah.

Meski sudah di zaman modern saat ini, kisah hantu Sumiati tetap melegenda dan masih banyak yang mempercayainya. Itulah kisah urban legend hantu Sumiati paling terkenal di Tanah Daeng. Seram juga ya!

Sumber : okezone

0 comments: