Mengenal Gabus Pucung, Makanan Khas Betawi yang Nyaris Punah

Senin, Juni 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Gabus Pucung (Foto: MPI/Syifa)

IBU Kota Jakarta salah satu daerah yang memeiliki beragam budaya dan kuliner. Bicara soal kuliner di Jakarta memang tidak ada habisnya, mulai dari gado-gado, ketoprak, asinan Betawi dan masih banyak lagi.

Tapi ada salah satu makanan khas Betawi yang tidak banyak orang tahu, contohnya adalah gabus pucung. Hadir dengan visual kuah berwarna hitam seperti rawon, seperti disampaikan Executive Sous Chef The Sultan Hotel and Residence Jakara, Eric Kusnadi, memang gabus pucung ini terbuat dari kluek sebagai salah satu bahan dasarnya.

Meski punya kuah warna yang hitam seperti rawon, namun secara konsistensi kuah gabus pucung lebih cair dan tidak terlalu pekat.  

“Rasanya gurih terus klueknya ini tidak terlalu pekat. Berbeda dengan rawon yang pekat banget,” jelas Chef Eric saat ditemui dalam acara Opening Ceremony A Week in Batavia di Jakarta baru-baru ini.

Ia menyebut, sajian gabus pucung dengan bahan dasar ikan gabus ini memang sekarang adalah makanan Khas Betawi yang sudah sangat langka.

“Gabus pucung salah satu makanan yang nyaris punah, karena nggak banyak orang yang mau ngolahnya juga,” imbuhnya.

Menurutnya, salah satu menambahkan alasan lain gabus pucung ini nyaris punah karena bahan-bahannya, terutama sang bahan utama yakni ikan gabus sudah sangat sulit ditemukan.

“Sebab memang bahan-bahannya sulit dicari. Kayak ikan gabusnya saja kans udah jarang ditemukan. Nyaris punah juga kan, restoran juga nggak banyak yang nyajiin makanan ini,” lanjut Chef Eric.

Lalu apakah masyarakat sejatinya bisa mengolah hidangan gabus pucung dengan alternatif pilihan ikan jenis lain? Chef Eric mengatakan, hal ini sebetulnya bisa saja. Namun harus diingat, kalau nanti hasil akhirnya akan muncul dengan tekstur dan rasa yang berbeda.

“Kalau gabus pucung itu kan dagingnya lebih padat dan seratnya juga banyak jadi nggak mudah hancur. Berbeda dengan ikan lain yang gampang hancur,” pungkasnya.



Sumber : okezone.com

0 comments: