Menilik Rumah Honai yang Jadi Laboratorium Sekolah Berbasis Alam, Belajar Sambil Hirup Udara Segar

Kamis, Juni 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Rumah Honai, Laboratorium Sekolah Kebon Dalem Semarang/Kristadi Kelik

SEMARANG - Agar siswa tidak cepat dan lebih kreatif Sekolah Kebon Dalem, Semarang mendirikan laboratorium sekolah berbasis alam di kawasan perbukitan Tembalang, Semarang.

Di sini, siswa belajar di Rumah Honai dan tempat tempat terbuka sembari menghirup udara segar dan menikmati keindahan alam sekitar.

Bentuk bangunan laboratorium alam ini cukup unik, ada enam bangunan kelas berbentuk Rumah Honai yang merupakan rumah adat suku Papua.

Menempati lahan seluas lima ribu meter pesegi, dulu lahan tersebut semulanya adalah kebun dan kemudian disulap menjadi laboratorium alam sarana untuk belajar di Kota Semarang.

Laboratorium alam ini menggunakan konsep Kurikulum Merdeka, siswa digembleng belajar di tempat terbuka dengan bisa memanfaatkan segala potensi yang disediakan oleh alam.

Konsep belajar yang didapat langsung dari alam, dipercaya bisa membuat anak tidak cepat bisan dan lebih kreatif.

Mereka diajarkan pengenalan lingkungan dan klasifikasi fauna seperti kelinci, kucing, burung, ayam, dan hewan lainnya.

Siswa dari tingkatan kelompok belajar TK hingga SMA ini juga diajak mengenal flora seperti pohon kayu keras, pohon hias, serta umbi-umbian, dan berbagai tanaman langka.

"Aku suka banget soalnya bisa belajar menanam, supaya bumi itu tetap terjaga kelestariannya," ungkap Asyro salah satu siswa Sekolah Kebon Dalem Semarang

"Aku juga suka karena udaranya yang sejuk," tambahnya.

Dengan adanya sekolah berbasis alam ini diharapkan bisa menjadi wadah belajar untuk anak-anak sejak dini.

"Sekolah berbasis alam ini memang diupayakan untuk mendidik anak-anak sedini mungkin. Jadi sejak KB, TK, mereka akan boleh belajar dan mengeksplorasi bersama," jelas Suster Teresa, Kepala YPII Semarang.

"Mereka akan belajar dengan cara yang lain di alam terbuka." pungkasnya.

Sekolah Kebon Dalem Semarang meyakini alam memberikan pelajaran kepada manusia untuk beradaptasi dan bermetamorfosis menjadi pribadi yang tangguh, siap melewati tantangan, dan meraih kesuksesan dalam hidup.



Sumber : okezone.com

0 comments: