Paket Wisata Dieng Murah dan Menarik, Lengkap Pilihan Destinasi yang Wajib Dikunjungi

Rabu, Juni 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Liputan6.com, Jakarta Paket wisata Dieng murah dapat menjadi pilihan Anda untuk menghabiskan waktu liburan. Pasalnya, banyak sekali destinasi wisata Dieng yang bisa anda kunjungi saat liburan ke Dieng. Dieng terkenal dengan negeri di atas awan karena berada di dataran tinggi.

Lokasi paket wisata Dieng berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), sehingga sering diselimuti awan utamanya pada pagi dan malam hari. Terdapat banyak obyek wisata di dataran tinggi Dieng, seperti gunung, bukit, kawah, candi, telaga, aneka kuliner, kolam pemandian air hangat, dan lainnya.

Paket wisata Dieng bisa anda pilih dari beberapa faktor, yaitu destinasi, transportasi, dan tempat menginap. Berbagai destinasi tersebut yaitu Candi Arjuna Dieng, Kawah Sikidang Dieng, serta Batu Ratapan Angin atau Batu pandang untuk menyaksikan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari bukit tentunya sudah tidak asing di telinga para wisatawan.

Berikut Liputan6.com ulas mengenai paket wisata Dieng dan pilihan destinasi yang wajib dikunjungi yang telah dirangkum dari berbagai sumber

Paket Wisata Dieng Murah

Melakukan kunjungan wisata di Dieng, cobalah dengan paket wisata Dieng murah. Paket wisata Dieng murah kuncinya ada pada pemilihan destinasi wisata, transportasi, dan tempat menginap.

Ini penjelasan paket wisata Dieng murah:

1. Pemilihan Destinasi Wisata

Mulailah membuat paket wisata Dieng murah dengan memilih destinasi wisata Diengnya. Paling utama ada Telaga Warna, Kawah Sikidang, Candi Arjuna, Sunrise Sikunir, dan Batu Ratapan Angin. Dari daftar yang sudah dibuat, dalam paket wisata Dieng murah pilihlah dua objek wisata yang dianggap prioritas untuk dikunjungi.

Dicontohkan untuk paket wisata Dieng murah, ke Telada Warna dan Telaga Pengilon cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 22.500. Kemudian destinasi kedua dari paket wisata Dieng murah, dicontohkan Kawah Sikidang dan Candi Arjuna memiliki harga tiket berkisar Rp 20.000.

2. Pemilihan Transportasi

Paket wisata Dieng murah bagian pemilihan transportasi apa yang wajib diperhatikan? Transportasi publik atau umum bisa menjadi pilihan paket wisata Dieng murah, terutama bagi yang tinggal di daerah yang cukup jauh dengan Dieng.

Bus umum dan moda transportasi umum lainnya bisa digunakan untuk menuju Dieng dalam paket wisata Dieng murah. Bila sudah tiba di Dieng, direkomendaiskan menggunakan kendaraan yang banyak di sewakan di Dieng.

Jika datang ke Dieng dengan jumlah rombongan lebih dari 2 orang, paket wisata Dieng murah bisa gunakan kendaraan roda empat yang banyak di sewakan di Dieng seperti mobil Toyota Avanza dengan tarif Rp 750.000 per 12 jam berikut dengan sopir dan BBM nya. Sementara apabila hanya berkunjung ke Dieng berdua, maka paket wisata Dieng murah bisa menggunakan kendaraan roda dua yang banyak di sewakan dengan tarif Rp 70.000 per hari.

3. Tempat Menginap

Memilih penginapan dalam paket wisata Dieng murah adalah faktor yang sangat penting. Penginapan yang nyaman baik dari pelayanan hingga desain interior akan mempengaruhi mood selama liburan. Penginapan yang murah dengan konsep yang bagus dan ramah telah menjamur di Wonosobo. 

Kini banyak tempat penginapan yang menawarkan harga sewa sangat murah namun tetap layak untuk dijadikan tempat untuk beristirahat. Harga penginapan untuk paket wisata Dieng murah bisa pilih penginapan yang harganya berkisar mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 300.000 per malamnya.

Tempat Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir juga menyajikan panorama matahari terbit yang luar biasa. Anda akan melihat matahari yang terbangun malu-malu di antara hamparan awan. Terletak di Desa Sembungan, Bukit Sikunir berada di atas ketinggian 2.300 mdpl. Untuk mencapai Bukit Sikunir, pelancong harus menempuh perjalanan selama 30-45 menit. Namun, Anda tak perlu khawatir, jalur pendakian ke Bukit Sikunir terbilang mudah. Pengelola telah menyediakan fasilitas tangga yang membuat perjalanan jadi lebih mudah.

2. Telaga Warna

Telaga Warna menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Dieng. Di telaga ini, pelancong bisa mengelilingi danau melalui jalan setapak yang ada. Telaga ini dinamakan Telaga Warna karena keunikan fenomena alam yang dimilikinya. Warna air dari telaga kerap berubah-ubah akibat kandungan sulfur yang tinggi. Bisa berwarna merah, kuning, hijau, dan lain-lain.

3. Gunung Prau

Gunung Prau merupakan objek pendakian populer di kawasan Dieng. Berada di ketinggian sekitar 2.565 mdpl, Gunung Prau menawarkan lanskap Gunung Sindoro-Sumbing yang mempesona. Tak hanya itu, para pelancong juga sepakat bahwa panorama sunrise atau matahari terbit di Gunung Prau merupakan yang terbaik se-Asia Tenggara. Gunung Prau juga dianggap cocok bagi para pendaki pemula karena jalurnya yang tak terlalu sulit dilewati. Ada empat jalur pendakian Gunung Prau, diantaranya via Dieng, Patak Banteng, Kalilembu, Igirmranak, Dwarawati, dan Wates.

Tempat Wisata Dieng yang Wajib Dikunjungi

4. Bukit Pandang Ratapan Angin

Bukit Pandang Ratapan Angin merupakan salah satu obyek wisata yang tak boleh dilewati saat Anda berkunjung ke Dieng. Lokasi ini terletak di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar. Berada di ketinggian 2.100 mdpl, lokasi ini menjadi tempat terbaik untuk melihat panorama Telaga Warna dan telaga-telaga lain yang ada di Dieng.

5. Kompleks Candi Arjuna

Tak cuma dikenal karena pesona wisata alamnya, Dieng juga memiliki warisan budaya yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah kompleks Candi Arjuna yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Candi Arjuna diperkirakan sebagai candi tertua, yang dibangun pada abad ke-8 Masehi oleh Dinasti Sanjaya dari Kerajaan Mataram Kuno.

6. Kawah Sikidang

Dieng juga dikenal dengan kekayaan geologinya. Salah satunya adalah Kawah Sikidang yang masih aktif hingga saat ini. Kawah yang berlokasi di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara ini merupakan sisa dari letusan gunung api purba Dieng.

Saat memasuki area Kawah Sikidang, Anda akan menyaksikan lubang besar kawah yang berada di dataran dengan asap yang mengepul keluar. Anda juga bisa melihat lumpur panas yang meletup-letup dengan jelas. Namun, jangan lupa untuk mematuhi segala rambu-rambu yang tertera di dekat kawah. Jangan menyalakan api atau membuang puntung rokok ke dalam kawah karena bisa memicu ledakan.

Sumber : liputan6

0 comments: