Perbandingan Harga Tiket Borobudur dengan Situs UNESCO Lain, Taj Mahal Paling Ramah bagi Wisatawan Lokal

Senin, Juni 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



PUBLIK sempat dihebohkan oleh rencana pemerintah memberlakukan tarif naik ke Candi Borobudur hingga Rp750 ribu, hingga akhirnya ditunda lantaran menuai polemik. Saat ini, tarif masuk ke Candi Borobudur masih tetap Rp50.000 per orang.

Wacana tarif naik Borobudur Rp750 ribu menuai pro kontra di masyarakat. Tarif segitu dinilai kemahalan bagi wisatawan domestik. Sementara golongan yang setuju tampaknya mampu memahami bahwa tujuan pemerintah sebenarnya baik yakni untuk menjaga candi yang merupakan situs warisan dunia UNESCO tersebut.

Bicara soal mahal atau murahnya tarif, sebenarnya relatif. Namun untuk bisa memberikan gambaran lebih dan pertimbangan lanjutan, ada baiknya kita simak perbandingan harga tiket masuk Candi Borobudur dengan situs UNESCO lainnya di dunia, sebagaimana dirangkum Okezone dari berbagai sumber berikut ini.

1. Angkor Wat, Kamboja

Adalah bangunan yang mirip-mirip dengan Candi Borobudur, di mana sama-sama merupakan Candi khusus umat Buddha dan menjadi salah satu situs warisan dunia UNESCO.


Angkor Wat, Kamboja

(Foto: Instagram/@angkorwatofficial)

Dikutip dari berbagai sumber, Angkor Wat memberlakukan 1 day pass atau kunjungan selama 1 hari penuh dengan harga tiket yang berada di angka rerata USD37 dolar atau sekitar Rp533 ribu per orangnya.

2. My Son Sanctuary, Vietnam

Masih berkutat pada situs warisan dunia berupa Candi yang ada di kawasan Asia Tenggara, ada My Son Sanctuary di Vietnam yang merupakan peninggalan sejarah dari Kerajaan Cham yang legendaris dan pernah mendominasi wilayah Asia Tenggara layaknya Majapahit.


My Son Sanctuary

(Foto: Instagram/@hoppingfeet)

Bagi siapa saja pengunjung yang ingin masuk ke candi yang telah dibangun sejak abad ke 4 ini, pengelola wisata setempat memberlakukan harga tiket masuk sebesar 150 ribu Vietnam Dong atau sekitar Rp93.000.

3. Taj Mahal, India

Bangunan ikonik dari India ini adalah salah satu situs warisan UNESCO yang banyak dikunjungi wisatawan dunia. Statistik mencatat bahwa Taj Mahal dikunjungi wisatawan sebanyak 7-8 juta setiap tahunnya.

Taj Mahal, India

(Foto: Instagram/@snejinkii)

Untuk bisa memasuki masjid dan mausoleum peninggalan Kaisar Mughal Shah Jahan ini, seorang wisatawan dikenakan tarif sebesar 1.100 Rupee atau sekitar Rp204 ribu. Sementara warga lokal jauh lebih murah lagi yakni hanya 50 Rupee atau sebesar Rp9.000.

4. Piramida Giza, Mesir

Salah satu situs warisan UNESCO yang juga disebut sebagai keajaiban dunia ini telah lama menjadi ikon Negara Mesir yang juga sukses menarik kunjungan wisatawan.

Jika anda ingin berkunjung ke Piramida Giza, terdapat 2 paket utama yakni tur setengah hari di situs setinggi 146 meter ini yang dihargai sebesar USD25 atau Rp350 ribuan.

Piramida Giza, Mesir

(Foto: Instagram/@arave24)

Merasa kurang? Kamu bisa memilih tur piramida seharian penuh dengan tarif USD50 atau sekitar Rp720 ribuan per orang.

Menariknya, selain melihat peninggalan budaya yang unik, wisatawan juga akan disuguhkan sejumlah pameran wisata seperti atraksi sound and lightyang dihadirkan saat malam hari hingga bazaar.


5. Colosseum, Mesir

Setali tiga uang dengan Piramida, bangunan ikonik di Ibu Kota Roma, Italia ini juga menawarkan sejumlah paket wisata sehingga harga tiket masuknya tergantung tur yang dipilih wisatawan.

Colosseum, Roma, Italia

(Foto: Instagram/@_sunamita_)

Dikutip dari thecolosseum.org, tiket masuk ke Colosseum untuk orang dewasa sebesar 16 euro atau setara Rp247 ribu dan 6 Euro atau Rp92.000 untuk anak-anak.

Sementara itu, harga tiket tur di Colosseum dibanderol dengan harga mulai dari 40 Euro atau Rp619 ribu hingga yang termahal yaitu 161 Euro atau Rp2,4 juta.


Sumber : OKEZONE 

0 comments: