Perkuat Angkatan Laut, China Luncurkan Kapal Induk Pertama Buatan Dalam Negeri

Sabtu, Juni 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Dalam foto yang dirilis oleh Kantor Berita Xinhua, asap berwarna menandai upacara peluncuran kapal induk ketiga China bernama Fujian di dok kering di Shanghai pada Jumat, 17 Juni 2022. Foto: Li Gang/Xinhua via AP

Beijing meluncurkan kapal induk pertama yang dirancang dan diproduksi di China pada Jumat (17/6/2022). Ini merupakan tonggak sejarah besar
yang akan memperkuat armada angkatan laut mereka.
Kapal induk Tipe 003 bernama Fujian meninggalkan dok kering galangan kapal di luar Shanghai pada pagi hari dan diikat di dermaga terdekat.
Upacara peresmian Fujian ditandai dengan peluncuran asap berwarna-warni di dekat dermaga. Upacara ini disiarkan oleh stasiun televisi CCTV.
Kapal induk itu tampak meriah dengan dekorasi pita warna-warni yang menjuntai. Terlihat pula jajaran personel angkatan laut berkumpul di bawah kapal besar itu ketika jet air disemprotkan dari jet Fujian.
Diberitakan Associated Press, kehadiran Fujian ini merupakan bagian dari usaha Beijing untuk meningkatkan kehebatan angkatan lautnya, yang sudah menjadi yang terbesar di dunia, menjadi kekuatan multi-kapal induk.

Gambar yang diambil dari rekaman video oleh CCTV China, para pelaut bertepuk tangan saat kapal induk ketiga China bernama Fujian diluncurkan di dok kering di Shanghai pada hari Jumat, 17 Juni 2022. Foto: CCTV via AP
Dilengkapi dengan teknologi peluncuran pesawat dan persenjataan terbaru, kemampuan kapal Tipe 003 ini dianggap menyaingi kapal induk Barat.
“Ini adalah tonggak penting bagi kompleks industri militer China. Ini menunjukkan bahwa para insinyur China sekarang dapat memproduksi sendiri rangkaian lengkap kombatan permukaan yang terkait dengan perang angkatan laut modern," kata seorang analitikus yang berbasis di Singapura, Ridzwan Rahmat.
“Kemampuan untuk membangun kapal perang yang sangat kompleks dari bawah ke atas pasti akan menghasilkan berbagai spin-off dan manfaat bagi industri pembuatan kapal China,” tambahnya.
Kapal induk pertama China adalah kapal Soviet yang digunakan kembali. Sedangkan kapal induk kedua mereka dibangun di China, tetapi berdasarkan rancangan Uni Soviet. Keduanya dibangun untuk menggunakan metode peluncuran ski-jump untuk pesawat, dengan tanjakan di ujung landasan pendek untuk membantu pesawat lepas landas.
Berbeda dengan kedua kapal itu, Fujian menggunakan peluncuran ketapel, yang dianggap sebagai sistem tipe elektromagnetik yang awalnya dikembangkan oleh Angkatan Laut AS.
Gambar satelit dari Planet Labs PBC pada Rabu 15 Juni 2022 ini menunjukkan kapal induk Tipe 003 baru China dengan bunting di mejanya bersiap untuk diluncurkan. Foto: Planet Labs PBC via AP
Sistem ketapel Fujian mengurangi tekanan pada pesawat dan memungkinkan kapal untuk meluncurkan lebih banyak jenis pesawat. Kemampuan ini diperlukan China untuk dapat memproyeksikan kekuatan angkatan lautnya pada jangkauan yang lebih besar.
“Ketapel ini memungkinkan pesawat yang dikerahkan untuk membawa muatan senjata yang lebih luas dan tangki bahan bakar eksternal,” papar Rahmat.
“Setelah beroperasi penuh, kapal induk ketiga juga akan dapat mengerahkan rangkaian pesawat yang lebih lengkap,” jelasnya.
Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) telah dimodernisasi selama lebih dari satu dekade.
PLAN saat ini memiliki sekitar 355 kapal, termasuk kapal selam. AS memperkirakan kekuatan PLAN akan bertambah menjadi 420 kapal pada tahun 2025 dan 460 kapal pada tahun 2030.

Sumber : kumparan.com

0 comments: