Polemik Nupur Sharma Hina Nabi Muhammad: Demo di India dan Dikecam Sejumlah Negara

Jumat, Juni 10, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Polemik Nupur Sharma Hina Nabi Muhammad: Demo di India dan Dikecam Sejumlah Negara
Nupur Sharma (Instagram Pribadi)

Polemik yang ditimbulkan atas pernyataan Nupur Sharma yang dinilai menghina Nabi Muhammad SAW semakin meluas. Bukan hanya banjir demo di negeri sendiri, tokoh-tokoh negara lain pun ikut mengecam sang politisi dan negara India.

Nupur Sharma melontarkan hinaan yang melukai hati umat Muslim di seluruh dunia. Hinaan yang mengarah ke Nabi Muhammad dilontarkan dalam sebuah acara debat di stasiun televisi pada pekan lalu. 

Hinaan itu langsung berimbas pada karir politik Nupur Sharma. Ia diberhentikan sementara dari posisi sebagai juru bicara Partai Bhayatiya Janata. 

Nupur Sharma juga sudah mengklarifikasi ucapannya melalui twitter bahwa ucapannya menyebabkan ketidaknyamanan atau menyakiti perasaan keagamaan siapapun. Ia pun turut membuat permintaan ke media.

"Saya meminta semua kantor media dan semua orang untuk tidak mempublikasikan alamat saya. Ada ancaman keamanan bagi keluarga saya," tulisnya dalam akun twitter @NupurSharmaBJP.

Demo di India

Sikap yang dilakukan Partai Bhayatiya Janata dan klarifikasi Nupur Sharma tak berarti apapun. Kemarahan masih terjadi di beberapa wilayah negara India.

Unjuk rasa terjadi di Mumbai. Adanya kericuhan juga membuat 38 orang telah diamankan pihak kepolisian setempat. Warga India, terutama penganut agama Islam, marah atas pernyataan Nupur Sharma, termasuk politisi Bhayatiya Janata lain bernama Naveen Jindal.

Menurut data yang diambil di India pada 2011, ada 172,2 juta orang yang menganut agama Islam. Jumlah itu sekitar 14 persen dari total jumlah penduduk India.

Lakshadweep, Jammu, Kashmir, Assam, West Bengal hingga Uttar Pradesh merupakan negara bagian di India dengan jumlah Muslim terbanyak. 

Kemarahan Dunia

Kuwait

Kuwait menjadi salah satu negara yang bereaksi atas ucapan Nupur Sharma. Boikot produk-produk India sudah dilakukan pusat perbelanjaan di India. Toko bernama Al-Ardiya Co sudah tak memajang produk India.

Arab Saudi

Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Abdurrahman As-Sudais mengutuk dan mengecam pernyataan serta gambar yang menyinggung Nabi Muhammad. Sikap ini merupakan reaksi atas apa yang dikatakan Nupur Sharma.

Qatar

Kemenlu Qatar memanggil duta besar India untuk menyampaikan catatan resmi ungkapan kekecewaan Qatar hinaan Nupur Sharma kepada Nabi Muhammad.

Indonesia

Indonesia pun bereaksi keras atas pernyataan Nupur Sharma menghina Nabi Muhammad. Pesan tak hanya disampaikan warganet ke akun-akun India, termasuk akun Nupur Sharma, tetapi juga melalui Kemenlu RI.

"Indonesia mengutuk keras pernyataan yang merendahkan Nabi Muhammad SAW oleh dua orang politisi India. Pesan ini telah disampaikan kepada Duta Besar India di Jakarta," kata @Kemlu_RI.

Sumber : Suara.com

0 comments: