Riau-Malaysia Sepakat Buka Akses Transportasi demi Dongkrak Pariwisata

Sabtu, Juni 11, 2022 Majalah Holiday 0 Comments



PEMERINTAH Provinsi (Pemprov) Riau sepakat dengan otoritas Malaysia untuk saling membuka jalur transportasi laut dan udara pascapandemi Covid-19 guna mendorong peningkatan kunjungan wisatawan kedua negara.

Gubernur Riau Syamsuar saat menghadiri peresmian Festival Semarak Pelancongan Negeri Malaka 2022 di Pekanbaru, meminta Ketua Menteri Melaka, Datuk Seri Utama Sulaiman untuk mempercepat pembangunan akses laut dari Dumai (Riau) ke Melaka (Malaysia) dari tahun 2026 menjadi 2024.

"Tadi saya sudah mintakan pembangunan Pelabuhan kapal Roro dari Melaka yang terhubung dengan Dumai tetap dilanjutkan serta dipercepat. Tadinya menteri minta 2026 selesai, kita minta tahun 2024 selesai sehingga sudah bisa dilalui kendaraan melalui Dumai dan Melaka," kata Gubernur Riau, Syamsuar usai membuka acara Festival Semarak Pelancongan Negeri Melaka 2022, dikutip dari ANTARA.

Infografis Wisata Bawah Laut Indonesia

Syamsuar menambahkan, berkaitan wisata kini di semua negara sudah dibuka seiring turunnya kasus Covid-19, agar membawa dampak bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), bisnis perhotelan dan usaha lainnya.

"Walau tidak tertulis kerja sama ini diharapkan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, dua tahun lalu sebelum Covid-19 tingkat kunjungan wisatawan ke Melaka mencapai 7 juta orang. Andai pelabuhan Roro Dumai-Melaka dibuka kita mendapat kunjungan 2 juta saja setahun, itu sudah bagus," katanya.


Sementara itu, Ketua Menteri Malaka, Datuk Seri Utama Sulaiman mengatakan, ini merupakan awal positif bagi kedua negara karena industri pariwisata penyumbang terbesar di Malaka tahun 2020.

"Pembukaan Fery Dumai-Malaka ini adalah permulaan yang baik, dan diharapkan penerbangan dari Malaka ke Pekanbaru juga kembali dibuka agar yang pergi berobat lebih mudah," katanya.

Malaka telah menargetkan kunjungan wisatawan sebesar 5,6 juta tahun ini dengan berbagai cara salah satunya lewat peluncuran Festival Semarak Pelancongan Negeri Melaka 2022 di Pekanbaru.

"Saya yakin, dengan usaha dan kerjasama yang lebih erat bersama Provinsi Riau, jumlah kehadiran wisatawan ke Negeri Malaka dan sebaliknya ke Pekanbaru akan meningkat terutama pembukaan terminal feri di antara Dumai dan Malaka merupakan satu langkah yang baik menyukseskan pariwisata kedua negara," tandasnya.


Sumber : OKEZONE 

0 comments: