Ribuan Warga Blitar Adu Nasib Daftar Jadi TKI

Rabu, Juni 08, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Blitar - Sebanyak 1.187 orang asal Kabupaten Blitar mendaftar sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI). Mereka ramai-ramai mendaftar sebagai PMI selama Januari-Mei 2022. Jumlah pendaftar PMI ini naik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dibukanya kembali pintu keberangkatan PMI menjadi angin segar bagi masyarakat di Kabupaten Blitar. Khususnya bagi masyarakat yang ingin mengadu nasib dengan bekerja di luar negeri.

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker), jumlah PMI yang mendaftar mencapai 1.187 orang. Jumlah itu cukup banyak dalam kurun waktu lima bulan saja. Yakni dari Januari-Mei 2022. Sedangkan, untuk jumlah pendaftar PMI selama 2021 yakni sekitar 1.025 orang.

"Untuk jumlahnya (pendaftar PMI) memang lebih banyak. Sampai dengan Mei ada sekitar seribu lebih," ujar Kepala Disnaker Kabupaten Blitar, Mujianto kepada detikJatim

Mujianto menerangkan ada banyak faktor yang membuat banyak masyarakat ingin menjadi PMI. Salah satunya karena faktor ekonomi. Sehingga, masyarakat memutuskan untuk merubah nasib perekonomiannya dengan menjadi PMI.

"Kemudian karena sejumlah negara sudah bisa atau membuka kembali penerimaan PMI," imbuhnya.

Terkait negara tujuan, Kata Mujianto, Taiwan menjadi salah satu negara yang paling banyak diminati oleh para pendaftar PMI. Kemudian, disusul dengan negara tujuan Hong Kong, Singapura, Korea Selatan dan sebagainya. Polandia juga masuk dengan daftar negara tujuan baru bagi PMI.

"Untuk jenis pekerjaannya, ada yang di sektor formal dan informal. Macam-macam sesuai kebutuhan penerimaan," tandas Mujianto.

Sumber : detik.com

0 comments: