Sensasi Warisan Budaya Asli Makan Pakai Tangan

Selasa, Juni 21, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi orang makan mie pakai tangan. Sumber foto: Pexels.com/cottonbro
Banyak turis asing merasa heran mengenai kebiasaan orang Indonesia yang makan memakai tangan tanpa menggunakan sendok atau garpu. Mereka berpikir jika makan langsung memakai tangan itu tidak sehat. Hal tersebut karena tangan bisa mengandung banyak virus dan bakteri. Melainkan fakta makan memakai tangan memiliki banyak manfaat.
Makan memakai tangan adalah salah satu warisan budaya leluhur di Indonesia. Makan langsung memakai tangan digunakan oleh orang-orang zaman dahulu yang tinggal di Jawa dan Sumatra. Budaya tersebut akan mengingatkan orang Indonesia dengan hidangan zaman dahulu yang semuanya memakai tangan secara langsung.
Makan menggunakan tangan terasa lebih nikmat dan lebih lezat. Belum lagi menurut kepercayaan agama Islam, dahulu kala Nabi Muhammad SAW makan langsung memakai tangan. Kebudayaan Indonesia dan kebudayaan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW tidak berbeda jauh. Makan memakai tangan menurut orang Islam adalah sunah Rasul, memang tidak wajib dilakukan.
Namun, karena itulah orang-orang di Indonesia makan memakai tangan karena menjalankan sunah rasul dan menjalankan kebudayaan Indonesia. Makan dengan tangan adalah budaya yang begitu melekat di Indonesia. Rasanya kebudayaan tersebut tidak akan mudah terhapus di tanah Indonesia ini.
“Saya salah satu orang yang tinggal di Pulau Jawa, sehingga saya tahu kebudayaan atau kebiasaan apa saja yang ada di sini. Orang-orang Jawa sering menyebut kebiasaan makan pakai tangan itu dengan muluk,” ucap Aziz mahasiswa Universitas Pakuan.
Makan pakai tangan pun memiliki manfaat, manfaat tersebut sudah menjadi rahasia umum orang Indonesia. Manfaat makan pakai tangan sangat beragam dan tentu saja memiliki dampak yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, syarat untuk makan pakai tangan adalah memastikan tangan tersebut bersih dari kuman. Maka dari itu, kebanyakan tempat makan di Indonesia memberikan fasilitas dan sabun untuk mencuci tangan.
Adapun manfaat dari makan pakai tangan, yaitu meningkatkan kekebalan pada sistem pencernaan dan menambah nutrisi makanan itu sendiri. Dua manfaat tersebut yang menjadi motivasi masyarakat Indonesia yang hingga saat ini makan langsung pakai tangan. Bahkan, restoran seperti Junk Food dari luar negeri pun mengikuti tradisi ini. Restoran tersebut tidak memberikan sendok untuk para pelanggannya. Sehingga turis asing yang berkunjung ke Indonesia merasa heran.


Sumber : kumparan.com

0 comments: