SMA Tertua di Indonesia yang di Jawa Tengah Punya Sederet Kisah Horor

Rabu, Juni 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Solopos.com, SEMARANG — Sekolah tertua di Indonesia yang ada di Jawa Tengah (Jateng), yakni SMA Negeri 1 Semarang, ternyata memiliki sederet kisah horor atau misteri yang menyeramkan.

SMA yang berlokasi di Jalan Taman Menteri Supeno, Kota Semarang, ini juga dinobatkan sebagai sekolah terluas di Indonesia versi Lembaga Prestasi Indonesia Dunia. Luas sekolah ini totalnya mencapai 4,2 hektare.

Sejarah SMA Negeri 1 Semarang tak bisa dilepaskan dari masa penjajahan Belanda. Kali pertama didirikan pada 1877, sekolah ini bernama Hogra Burgerschool (HBS). Kala itu, anak-anak yang bersekolah di HBS hanya keturunan Belanda, Eropa, serta kalangan elit pribumi.

Sejak diresmikan menjadi SMA Negeri 1 Semarang pada 1936, sekolah ini sempat berganti-ganti penggunaanya. Pada masa penjajahan Jepang, gedung sekolah ini digunakan sebagai pusat pendidikan militer.

Saat Jepang menyerah kepada sekutu, SMA tertua di Indonesia ini beralih fungsi menjadi rumah sakit. Baru pada 1946, fungsi gedung ini dikembalikan menjadi sekolahan.

Sebagai sekolah atau SMA tertua di Indonesia, bangunan SMA Negeri 1 Semarang pun banyak memiliki kisah misteri atau horor. Pantauan Solopos.com pada sebuah kanal Youtube, kisah horor di SMA Negeri 1 Semarang sudah terdengar sejak lama.

Cerita horor SMA Negeri 1 Semarang berasal dari berbagai lokasi seperti ruang kelas, ruang musik, hingga pohon sipeas yang tumbuh di area SMA tertua di Indonesia itu.

Cerita penampakan hantu di SMA Negeri 1 Semarang pun cukup beragam. Mulai dari hantu nenek tua, gadis berwajah menyeramkan, suster ngesot, hingga kuntilanak merah konon pernah menampakan diri di bangunan SMA yang populer disingkat dengan nama Smansa itu.

Meski demikian, banyak yang menyangsikan kisah horor di SMA Negeri 1 Semarang ini. Banyak alumni Smansa yang menyatakan selama bersekolah di SMA tersebut tidak pernah diganggu mahkluk halus.

“Aku alumni SMA 1 Semarang. Dulu namanya SMAN I.II Semarang. Selama aku disana, rasanya engga ada yg serem yaa. Aku senam di aula, tapi gs pernah berusaha lihat bunker nya…. dan wkt di plonco, malam2 kita semua jalan mengelilingi sekolah lantai atas sampai bawah didepan dan belakang. Krn rame2…. ya seru juga…. engga takut krn bnyak teman. Sekolah kebanggaan ku, krn sekolahnya luas banget…. pokoknya ok banget jadi ALJIRO, Alumni SMA Siji Loro…,” tulis seorang netizen di kolom komentar sebuah kanal Youtube yang menceritakan kisah seram di SMA Negeri 1 Semarang.

“Anak smansa mana ni hehe. Berkali kali pulang malang bahkan sampai bermalam di SMANSA mana ada begituan gess,” imbuh netizen yang lain.

Sumber : solopos

0 comments: