Terima Jokowi di Istana Maryinsky, Presiden Zelenzkyy: Kunjungan Pemimpin Asia Pertama Sejak Invasi Rusia

Kamis, Juni 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Terima Jokowi di Istana Maryinsky, Presiden Zelenzkyy: Kunjungan Pemimpin Asia Pertama Sejak Invasi Rusia
Presiden Joko Widodo dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy saat memberikan pernyataan pers di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina, Rabu (29/6/2022). (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengapresiasi atas kehadiran Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Ukraina. Jokowi menjadi pemimpin negara di Asia yang pertama mengunjungi Ukraina setelah adanya invasi Rusia.

Hal tersebut disampaikan Zelenskyy saat memberikan pernyataan pers sesuai melakukan pertemuan empat mata dengan Jokowi.

"Hari ini merupakan hari bersejarah bagi negara kita negara Ukraina dan negara Indonesia karena ini merupakan kunjungan pertama oleh presiden Indonesia ke Ukraina dan ini kunjungan pertama pemimpin Asia yang sejak awal dari invasi Rusia ke Ukraina," kata Zelenskyy dikutip melalui video yang ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Zelenskyy menyadari pentingnya posisi Indonesia di mana saat ini menjadi Presidensi G20 dan akan menjadi Keketuaan ASEAN pada 2023 mendatang. Kehadiran Jokowi di Ukraina dianggapnya bisa menjadi awal untuk memperkuat koalisi dalam melawan perang dan mengembalikan stabilitas dunia.

"Kita mengapresiasi dukungan indonesia dan juga dukungan pribadi personal anda yang ada di masa perang tersebut untuk perjuangan kemerdekaan kita," ujarnya.

Lebih lanjut Zelenskyy menyampaikan kalau Jokowi memberikan dukungan atas kedaulatan serta integritas teritorial Ukraina. Ia menegaskan kalau pihaknya akan memperjuangkan kemerdekaan Ukraina dari perang yang dilancarkan Rusia.

"Secepatnya perang ini berakhir dan kita akan secepatnya dapat mengembalikan situasi politik dan ekonomi di Ukraina."

Sumber : Suara.com

0 comments: