Tips Bersihkan Perlengkapan Makan Bayi

Selasa, Juni 07, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Peralatan Makan Bayi dari Silikon. Foto: Shutterstock
Saat memasuki usia 6 bulan, bayi umumnya mulai diberi makanan pendamping ASI atau MPASI. Oleh karena itu, orang tua perlu mempersiapkan segala kebutuhan makan bayi, mulai dari bahan yang digunakan, hingga membeli peralatan makan yang tepat untuk si kecil.


Ya Moms, saat memilih peralatan makan untuk bayi, jangan lupa untuk memilih bahan yang aman digunakan oleh bayi, ya. Misalnya saja, dengan memastikan perlengkapan makannya bebas BPA atau bisphenol-A yang berbahaya untuk si kecil.
Selain itu, pastikan juga kebersihan alat makan bayi sebelum digunakan. Sebab, alat makan yang tidak bersih bisa memengaruhi kesehatan bayi, salah satunya diare.
Ilustrasi Peralatan makan bayi dari kayu. Foto: Shutterstock
Nah Moms, berikut beberapa tips dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) untuk membersihkan perlengkapan makan bayi di rumah.

Cara Membersihkan Perlengkapan Makan Bayi

Alat dan Bahan yang digunakan:
  • Perlengkapan makan bayi
  • Sabun cuci piring atau botol khusus bayi
  • Sikat botol
  • Sponge cuci piring
  • 2 buah wadah bersih
  • Air panas

Cara membeCara membersihkan:
  1. Pertama, cuci kedua tangan Anda dengan air dan sabun selama 20 detik.
  2. Kemudian, pisahkan semua perlengkapan makan bayi, terutama pada bagian-bagian botol minum bayi. Lalu, bersihkan semua perlengkapan makannya menggunakan air mengalir.
  3. Bila sudah dibersihkan, tempatkan di wadah bersih yang sudah berisi air hangat. Sebaiknya, jangan diletakkan di wastafel, sebab bisa saja mengandung banyak kuman yang dapat menempel pada perlengkapan makan bayi.
  4. Selanjutnya, gosok setiap bagian perlengkapan makan menggunakan sikat botol atau sponge bersih dengan sabun cuci piring khusus bayi.
  5. Jika dirasa sudah bersih, bilas kembali menggunakan air hangat, dan letakkan kembali di dalam wadah baru. Jangan lupa keringkan dengan menggunakan lap bersih.
  6. Terakhir, letakkan alat makan bayi dalam mesin sterilisasi agar semakin higienis. Tetapi, ini bersifat opsional, ya, Moms. Bila tidak mempunyai mesin sterilisasi, cukup keringkan dengan lap bersih dan letakkan di tempat yang higienis.

Sumber : kumparan.com

0 comments: