Tips Bersihkan Sepatu Sekolah Anak

Senin, Juni 20, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi sepatu sekolah anak. Foto: Shutter Stock
Sepatu merupakan salah satu perlengkapan sekolah yang wajib digunakan sehari-hari. Oleh karena itu, sepatu perlu dibersihkan dalam beberapa waktu sekali. Apalagi, bila si kecil sangat aktif seperti menggunakannya untuk bermain kotor.
Ya Moms, bila kotoran itu dibiarkan begitu saja, maka sepatu akan terlihat kotor dan tidak enak dipandang. Umumnya, sepatu sekolah anak dibagi menjadi dua jenis, yakni bertali atau pakai perekat. Bila menggunakan tali, Anda perlu melepaskannya terlebih dahulu agar mudah dibersihkan. Tetapi, bila menggunakan perekat, Anda hanya perlu melepaskan perekatnya saja, Moms.

Ilustrasi sepatu anak berlumpur. Foto: Shutter Stock
Untuk membersihkannya, Anda tidak perlu repot-repot membawa sepatu ke tempat laundry atau menggunakan jasa cuci sepatu. Sebab, beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk membersihkan sepatu sekolah anak di rumah. Namun tips ini tidak berlaku untuk membersihkan sepatu berbahan kulit ya, Moms.

Cara Membersihkan Sepatu Sekolah Anak di Rumah


Ilustrasi deterjen bubuk. Foto: Kwangmoozaa/Getty Images
Alat dan Bahan yang Digunakan:
  • Sepatu sekolah
  • Sikat bersih atau sikat gigi bekas
  • Ember
  • Deterjen
  • Baking soda
  • Air bersih
Cara melakukannya:
  1. Lepaskan masing-masing tali atau perekat sepatu agar mudah dibersihkan.
  2. Tepuk - tepuk untuk membersihkan kotoran yang terdapat di dalam sepatu.
  3. Rendam sepatu beserta tali maupun perekatnya ke dalam ember yang berisi deterjen, kemudian diamkan selama 15 - 20 menit agar kotoran dan lumpur-lumpur yang menempel bisa dibersihkan dengan mudah.
  4. Lalu, sikat seluruh bagian sepatu menggunakan sikat bersih atau sikat gigi bekas Bila diperlukan, tambahkan sedikit bubuk deterjen untuk membersihkan area yang masih kotor. Jika masih meninggalkan bekas bau, Anda bisa coba tambahkan baking soda untuk menyerap bau.
  5. Bilas menggunakan air bersih, lalu keringkan menggunakan lap kering.
  6. Bila diperlukan, jemur di bawah sinar matahari jemur selama beberapa jam di bawah sinar matahari untuk memastikan kering sempurna.
Nah Moms, itulah beberapa cara dari kumparanMOM untuk membersihkan sepatu anak di rumah dengan mudah. Apakah Anda punya cara lain untuk membersihkannya? Yuk, berbagi informasi di kolom komentar, ya!


Sumber : kumparan.com

0 comments: