Tips dan Cara Membersihkan Layar Laptop dengan Mudah

Kamis, Juni 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Cara Membersihkan Layar Laptop Sumber www.pixabay.com
Laptop merupakan salah satu perangkat elektronik yang harganya tidak murah. Dengan merawat dan menjaga kebersihan laptop, maka tidak saja kita nyaman memakainya, namun juga memperpanjang usia penggunaan. Berikut adalah tips dan cara membersihkan layar laptop dengan mudah.
Bagian layar pada laptop merupakan komponen utama sekaligus termasuk paling rentan. Semua aktifitas yang dilakukan di laptop akan tampil pada layar. Layar laptop juga termasuk yang sering mengalami gangguan, seperti perubahan warna, bergaris, bercak, bahkan hitam sama sekali (blank screen).

Cara Membersihkan Layar Laptop

Perawatan pada layar laptop harus rutin dilakukan agar awet dan tahan lama, serta dapat tetap menjalankan fungsinya dengan baik. Merawat layar laptop cukup mudah, yang utama anda harus menyiapkan kain mikrofiber.
Mikrofiber adalah kain halus yang biasa dipakai untuk membersihkan kacamata, dan kini banyak ditemukan di toko perlengkapan rumah. Seperti yang diambil dari buku Teknologi Komputer: Pemanfaatan Teknologi Komputer untuk Mempermudah Penyelesaian Tugas dan Pekerjaan yang Dihadapi (2019:22),

Lap yang digunakan untuk membersihkan umumnya terbuat dari serat mikrofiber lembut agar layar laptop tidak tergores ketika dibersihkan".

Berikut adalah tips dan cara membersihkan layar laptop dengan mudah,
  • Cara Membersihkan Layar Laptop Biasa.
Setelah laptop dalam keadaan mati, lap layar laptop menggunakan kain mikrofiber dengan gerakan searah secara perlahan. Untuk noda membandel, hilangkan dengan gerakan memutar secara lembut.
Tips dalam membersihkan layar laptop, gunakan campuran cuka dan air sulingan (air galon atau air hasil filtrasi) yang murah dan bebas kimia, sehingga tidak merusak layar dan bodi laptop.
  • Cara Membersihkan Layar Laptop Touchscreen.
Caranya tidak jauh berbeda dengan membersihkan layar laptop biasa. Gunakan kain mikrofiber, matikan laptop terlebih dahulu sebelum memulai menyeka layar laptop dengan larutan cuka.
  • Cara Membersihkan Layar Laptop yang Tergores.
Setelah laptop dimatikan, bubuhkan sedikit pasta gigi pada bagian layar yang tergores, lalu gosok menggunakan kain mikrofiber yang telah dibasahi air larutan cuka secukupnya. Lalu bersihkan sampai bekas goresan menghilang.
Tips dan cara membersihkan layar laptop cukup mudah, yang dibutuhkan hanya ketelatenan kita dalam merawat layar laptop secara rutin.(DK)

Sumber : kumparan.com

0 comments: