Tips dan Trik Memilih Durian yang Segar Langsung dari Penjualnya

Rabu, Juni 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi memilih durian. Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Durian merupakan buah yang terkenal dengan bau dan rasa khas yang menggoda. Buah eksotis ini memang memiliki banyak penggemar. Tetapi tidak sedikit juga yang enggan memakannya. Memasuki musim durian, kamu wajib tahu tips untuk memilih durian agar kamu bisa mendapatkan buah yang nikmat.
Durian dikenal sebagai king of fruit atau raja dari segala buah. Buah berdaging legit ini memiliki kulit tajam seperti duri. Namun di balik kulit tajamnya, terdapat daging buah lembut yang menggoda dengan aroma khas. Tidak dipungkiri lagi bahwa kelezatan durian bisa dikreasikan menjadi berbagai masakan; seperti es krim, pancake, kolak durian, dan masih banyak lagi.
Mengutip Mothership, kedua pedagang durian yaitu Ben Yeo dari Singapore Mao Shan wang dan Kelvin Tan dari 99 Old Tree memberikan tips dan trik untuk memilih buah yang segar dan nikmat.
Untuk memilih durian yang segar dan lezat, ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui. Berikut ini hal yang bisa kamu terapkan saat ingin membeli si raja buah. Catat, ya!

1. Congkel sedikit batang durian

Ilustrasi memilih durian. Foto: Safira Maharani/kumparan
Untuk melihat fresh atau tidaknya durian, kamu bisa mencongkel atau mengupas sedikit batangnya menggunakan kuku. Yeo menunjukkan, jika bagian dalam batang berwarna hijau maka durian itu masih segar. Selain itu, carilah durian dengan batang yang keras dan kaku. Durian dengan batang yang lunak menandakan buah tersebut sudah tua.

2. Perhatikan durinya

Sesuai dengan namanya, buah ini memang dikenal dengan kulitnya yang berduri. Cara lain yang bisa kamu coba, adalah mencabut duri dari buah ini. Jika duri dari buah ini tetap tegak saat dicabut, maka durian masih segar. Sebaliknya, jika duri saat dicabut cukup lunak, maka buah ini kurang segar. Hindari juga retakan pada buah ini!

3. Pilihlah warna hijau


Faktor lainnya yang kamu wajib perhatikan yakni warna dari durian. Kelvin Tan menyarankan untuk memilih durian dengan kulit yang berwarna hijau atau keabu-abuan. Dia juga menyarankan agar kamu menghindari membeli durian dengan warna kuning.

4. Cium baunya

Durian memang terkenal dengan bau menusuk yang khas. Yeo menyarankan agar kamu mencium bau durian di bagian tengah dari buah ini. Hal tersebut karena durian memiliki bau yang lebih kuat di bagian bawah. Jika kamu mencium durian di bagian bawah, maka akan menyebabkan kekeliruan. Tan mengungkapkan bahwa bau juga bukan ukuran yang akurat, karena bisa jadi hidung kamu menjadi tidak peka.

5. Pilihlah durian yang telah dikemas


Membeli durian kemasan atau paket menjadi cara yang paling mudah untuk kamu mengetahui apakah buah tersebut sudah matang atau belum. hal yang bisa kamu lakukan dengan menyentuh lembut dagingnya dan pastikan tetap kencang. Selain itu hindari daging durian yang basah seperti pure karena itu tidak layak konsumsi.
Setelah mengetahui tips memilih durian yang baik, apakah kamu sudah siap berburu durian? Selamat mencoba!


Sumber : okezone.com

0 comments: