Tips Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan Agar Tak Mundur

Kamis, Juni 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi mobil (dok Freepik)

MENGEMUDI mobil bertransmisi manual di jalan datar tentu akan berbeda dengan di tanjakan. Perlu keterampilan untuk melakukannya dan ini menjadi tantangan tersendiri bagi pengemudi pemula.

Salah-salah maka mobil bisa saja mundur dan membahayakan si pengemudi serta pengendara lainnya. Untuk itu perlu teknik yang tepat untuk mengemudi mobil manual di tanjakan.

Berikut ini adalah tips mengemudi mobil manual di tanjakan agar tak mundur, seperti dilansir dari laman Auto2000:

1. Gunakan Gigi 1 dan 2

Salah satu cara salah yang sampai sekarang masih dilakukan oleh para pengemudi adalah selalu injak pedal kopling setengah atau kopling menggantung ketika menemui jalur menanjak.

Memang cara ini bisa dilakukan, tetapi akan membuat kopling cepat panas, bahkan bisa jebol. Cara yang paling efektif ketika menemui jalur menanjak adalah dengan menggunakan gigi 1 dan gigi 2.

Gunakan gigi 1 ketika tanjakan benar-benar curam kemudian lakukan perpindahan gigi 2 untuk tanjakan yang cukup landai.

2. Gunakan Rem Tangan Ketika Berhenti

Selain dengan mengombinasikan gigi 1 dan gigi 2, gunakan juga rem tangan sebagai pengganti injak kopling dengan kaki kiri. Ketika mobil berhenti, tariklah tuas rem tangan agar mobil tidak turun.

Dan ketika mobil mulai berjalan, lepaskan rem tangan secara perlahan-lahan lalu ikuti dengan melepas pedal kopling dan rem. Sedangkan kaki kanan menginjak pedal gas untuk bergerak maju.

Cara ini memang akan sulit dilakukan untuk para pengemudi pemula. Jadi, agar lebih lancar, ada baiknya untuk latihan terlebih dahulu di tanjakan yang tidak terlalu ramai.

3. Rem Kaki Hanya untuk Tanjakan yang Tidak Terlalu Tinggi

Jika menemukan tanjakan yang tidak terlalu tinggi, gunakanlah kombinasi rem kaki dan kopling dengan menyesuaikan putaran mesin. Cara yang dilakukan adalah tekan pedal rem ketika berhenti.

Setelah itu, pindahkan perseneling pada posisi netral. Ketika mulai berjalan, lepaskan pedal rem secara perlahan-lahan dengan melepaskan pedal kopling. Mobil akan bergetar dan maju secara perlahan-lahan.

​​​​​4. Menginjak Pedal Rem dan Kopling Bersamaan

Ketika mobil berhenti di tanjakan, injaklah dua pedal sekaligus, yakni pedal rem dan kopling menggunakan kaki kiri. Secara otomatis, mobil akan berhenti dan mesin masih hidup.

Lalu, pastikan transmisi ada di posisi gigi 1. Saat hendak akan jalan kembali, injak pedal gas hingga sekitar 2000 RPM dan secara bersamaan, angkat kaki kiri untuk mengangkat kopling dan rem secara perlahan hingga posisi setengah.

Hal ini juga akan menimbulkan teknik menginjak pedal kopling setengah namun pedal rem juga telah stand by. Sehingga ketika mobil di depan berhenti, bisa langsung menekan kaki kiri untuk memberhentikan mobil tanpa mematikan mesin.


Sumber : okezone.com

0 comments: