Tips Pilih Kursi KA Premium Agar Tak Hadap Mundur, Jangan Sampai Zonk

Kamis, Juni 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments




TIPS pilih kursi kereta api (KA) premium agar tidak hadap mundur kerap dicari banyak orang agar tetap nyaman sepanjang perjalanan. Bepergian jauh menggunakan kereta api memang menjadi favorit banyak orang, terutama saat mudik. Selain karena harganya murah, naik kereta api juga terhindar dari kemacetan.

Di kereta ekonomi premium, kursi penumpang tidak bisa diputar dan diatur sandarannya. Dalam satu kereta pun terdapat dua zona yang menghadap ke titik tengah kereta. Tujuannya agar Anda dapat turun kereta dengan cepat dan mudah serta menghindari antrian.


Artinya, beberapa tempat duduk terletak dengan menghadap ke arah berkebalikan. Duduk dengan posisi jalan mundur seperti ini tentu bisa membuat Anda tidak nyaman dalam perjalanan, bahkan dapat menimbulkan rasa pusing hingga mual yang tak tertahankan.

Nah, untuk mengantisipasinya Anda harus cermat dalam memilih tempat duduk kereta. Pengguna akun TikTok @revandhikab membagikan tipsnya dalam memilih kursi ekonomi premium berdasarkan pengalaman pribadinya.

 ilustrasi

Jika perjalanan Anda dari barat ke timur, maka pilih tempat duduk dari nomor 12 hingga nomor paling besar agar tidak membelakangi kepala kereta, begitu pula sebaliknya. Pasalnya, tempat duduk dengan nomor kecil adalah kursi yang arahnya maju dari titik keberangkatan.


"Rumus ini berdasarkan pengalaman pribadi. Kereta dari arah barat ke timur ambil nomor 12 sampai akhir. Berlaku sebaliknya kalau kereta dari timur ke barat pilih seat dari nomor terkecil," tulisnya dalam video dikutip, Rabu (15/6/2022).

Misalnya, Anda naik kereta Argo Parahyangan dari Bandung menuju Jakarta. Nah, berarti saat berangkat dari Bandung Anda harus memilih nomor kursi yang kecil (1-10). Sebaliknya, ketika kembali dari Jakarta Anda harus memilih nomor kursi yang besar (11-20).

Tips ini rupanya sudah diketahui banyak orang. Dalam kolom komentar, banyak yang mengaku mengikuti rumus ini saat memesan kursi kereta api. Meski demikian, tak sedikit pula dari mereka yang terkena 'zonk'.

"Valid sih, selama ini aku make ekonomi premium dan make rumus ini gapernah zonk ehehe," tulis say****.

"Samaaa, gua tiap jogja-malang/malang-jogja pasti nerapin inii," tulis nadh****.

"bener sih kemarin pesan nomor 12 a b," tulis tik****.

ilustrasi

"Tidak segampang itu bestie, kdg rangkaian kreta dituker sama yg lain (dgn kelas yg sama), tiap kereta persis spt itu," tulis bang****.

"Tidak, pilih bangku kereta ekonomi sama seperti lotre," tulis rach****.

Nah, Apabila Anda kurang beruntung alias zonk, tidak mendapatkan kursi dengan posisi searah laju kereta, maka cobalah mencari kesibukan selama perjalanan. Seperti, mendengarkan musik menggunakan headset, menonton film, atau mencoba tidur bisa menjadi kegiatan terbaik Anda dibandingkan harus merasakan efek pusing ‘naik kereta mundur’ dalam perjalanan jauh. Semoga bermanfaat!


Sumber : OKEZONE 

0 comments: