Tips Sehat Menghadapi Endemi COVID-19

Rabu, Juni 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Pendapat demi pendapat bermunculan bahwa masa pandemi COVID’19 berubah menjadi endemi. COVID’19 di Indonesia telah melandai, pertambahan kasus dan angka kematian akibat COVID’19 juga semakin menurun. Endemi merupakan masa dimana virus COVID’19 masih ada namun sudah tidak mewabah dan terbatas penyebarannya. Hal tersebut tidak dapat dikatakan sebuah kebenaran karena jika masyarakat masih belum ada kesadaran akan kesehatan, bagaimana menerapkan protokol kesehatan ditengah-tengah wabah COVID’19 yang masih ada, bagaimana masyarakat dalam melakukan aktivitas yang sehat sehari-hari.


Lalu apa yang harus kita lakukan ditengah berita yang terus bermunculan mengenai masa endemi???
Langkah awal dan mudah untuk dilakukan adalah menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). PHBS merupakan salah satu bentuk upaya pencegahan dalam peningkatan kesehatan yang bertujuan untuk menjadikan seseorang, keluarga, kelompok, atau masyarakat sebagai agen perubahan agar mampu meningkatkan kualitas perilaku hidup bersih dan sehat sehari-hari.
Nah, berikut tips sehat menghadapi endemi dengan menerapkan PHBS :
1. Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Benar
Cara yang tepat untuk mencuci tangan adalah dengan menggunakan sabun dan air menglir selama 15 detik. Cuci tangan dapat dilakukan sebelum makan, setelah menggunakan kamar mandi dan toilet, setelah bermain dengan binatang, sebelum dan sesudah berada di sekitar orang yang sakit serta setelah melakukan aktivitas yang menyebabkan tangan kotor.
2. Aktivitas Fisik 30 Menit Setiap Hari
Melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit secara rutin memiliki banyak manfaat baik bagi tubuh dan dapat memengaruhi kualitas hidup. Aktivitas fisik terutama pada intensitas dan durasi sedang dapat mendukung respons imunitas tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.
3. Konsumsi Makanan Sehat
Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh. Upayakan untuk mengikuti pedoman Gizi Seimbang, perbanyak makan buah-buahan, dan sayuran. Hindari makanan yang tidak sehat, jangan merokok, dan jangan minum minuman beralkohol.
4. Tidur Cukup 7-9 Jam Perhari
Kebiasaan bergadang atau kurang tidur dapat membuat tubuh terasa lelah dan sulit konsentrasi. Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa kebiasaan kurang tidur dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Tidur dan istirahat yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imunitas yang kuat, tubuh mampu melawan berbagai infeksi kuman secara maksimal sehingga tidak mudah terserang penyakit.
REFERENSI
PERMENKES 2269 (2011) ‘Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia’, Peraturan Menteri Kesehatan No. 2406 TAHUN 2011 tentang Pedoman Umum Pembinaan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), p. 4.

Sumber : kumparan.com

0 comments: