Tips Tingkatkan Lemak dan Nutrisi pada ASI

Sabtu, Juni 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Ilustrasi menyusui sambil memompa ASI. Foto: Shutter Stock
ASI punya beragam nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Ya Moms, Anda disarankan untuk memberikan ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan, dan dilanjutkan hingga usia 2 tahun atau lebih dengan disertai pemberian makanan pendamping ASI (MPASI).
Mengutip laman Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), ASI merupakan nutrisi terbaik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Sebab, di dalam ASI terdapat kadar lemak yang lebih tinggi dibandingkan susu formula.
Omega-3 dan omega-6 adalah jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam ASI. Di samping itu, ASI juga mengandung asam lemak jenuh dan tak jenuh dalam jumlah yang seimbang, sehingga berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung anak.
Dikutip dari Mom Junction, komposisi lemak dan kalori setiap ASI umumnya berbeda. Namun, rata-rata jumlah lemak di dalam ASI adalah 3,6 gram/dL, sementara untuk rata-rata kalori sebesar 70 kkal/dL.
Nah Moms, untuk meningkatkan jumlah lemak dan nutrisi di dalam ASI, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan.

3 Cara Tingkatkan Lemak dan Nutrisi di dalam ASI

1. Kosongkan payudara
Saat menyusui si kecil, cobalah untuk menghabiskan ASI dari satu payudara terlebih dahulu sebelum beralih ke sisi lain. Dengan begitu, bayi akan mendapatkan foremilk–ASI yang keluar dari payudara di awal sesi menyusui– dan hindmilk–ASI yang keluar di akhir sesi– yang kaya akan lemak. Jika beralih ke sisi lain sebelum kosong, payudara Anda mungkin akan terisi dengan foremilk lagi, sehingga bisa mengurangi kandungan lemak secara keseluruhan. Bila Anda perlu menggantinya, gunakan pompa payudara untuk menyimpan hindmilk, sehingga bisa diberikan pada si kecil beberapa saat kemudian.
Ilustrasi bayi 1 tahun menyusui. Foto: Lifebrary/Shutterstock
2. Pijat payudara
Pijat payudara dengan lembut sebelum dan saat menyusui dapat membantu mendorong lemak ke depan sekaligus membersihkan saluran susu ibu. Selain itu, pijat payudara juga dapat bantu mengosongkan payudara dan meningkatkan kandungan lemak dan nutrisi di dalamnya. Konsultasikan dengan konsultan laktasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang pijat payudara yang aman dilakukan ibu menyusui.

3. Makan makanan bergizi seimbang
Asupan lemak sehat yang dikonsumsi ibu menyusui dapat bantu meningkatkan jumlah lemak dan nutrisi di dalam ASI. Ibu menyusui juga disarankan untuk konsumsi daging tanpa lemak, telur, minyak nabati, biji bunga matahari, kedelai, dan ikan berlemak untuk meningkatkan kualitas nutrisi pada ASI.


Sumber : kumparan.com

0 comments: