Unik! Siswa SMP di Surabaya Bikin Permen dari Bawang Hitam

Kamis, Juni 02, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Lhio, siswa SMP SGS, olah bawang hitam jadi permen. Foto: Masruroh/Basra
Black Garlic atau bawang hitam diketahui banyak memiliki kesehatan bagi tubuh. Di antaranya menjaga kesehatan jantung hingga mencegah penyakit kanker. Sayangnya, bawang hitam tak begitu populer di kalangan masyarakat.

Bawang hitam merupakan hasil dari proses fermentasi bawang putih segar. Perubahan warna, tekstur, dan rasanya didapatkan dari proses fermentasi ini.
Karena tak begitu populer sehingga tak banyak pula masyarakat yang mengonsumsi bawang hitam. Berangkat dari fenomena ini mendorong siswa SMP Surabaya Grammar School (SGS) untuk mengolah bawang hitam menjadi permen.
"Bawang hitam ini terkenal dengan khasiatnya, tetapi tidak semua mau makan, apalagi anak-anak. Ini yang mendorong saya dan teman saya Hency mengolahnya menjadi permen. Apalagi anak-anak kan paling suka jajanan permen," jelas Lhio, siswa kelas VII SGS, kepada Basra, Kamis (2/6).
Dikatakan Lhio, mengolah bawang hitam menjadi permen bukanlah hal yang sulit. Pertama, bawang hitam dikupas kulitnya. Setelah itu bawang hitam dimasak hingga meleleh.
"Pas meleleh itu dikasih gelatin dan dibentuk bulat gitu dan disimpan dalam freezer selama 4 jam," paparnya.
Bagi yang ingin rasa manis pada permen black garlic ini, lanjut Lhio, bisa ditambahkan gula sesuai selera saat proses mencampur bawang hitam dengan gelatin.
"Bisa ditambahkan gula yang sehat bagi yang suka rasa manis. Kalau tanpa gula kan rasanya hambar," imbuhnya.
Lhio berharap dengan inovasi black garlic yang dijadikan candy atau permen ini semua masyarakat bisa mengkonsumsinya karena bagus untuk kesehatan.

Sumber : kumparan.com

0 comments: