Usung Semangat Persatuan, Masyarakat Adat Raja Ampat Gelar Festival Seni Budaya

Kamis, Juni 30, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Masyarakat adat di Misool Utara, Raja Ampat gelar festival seni budaya (Foto: Antara/Ernes Broning Kakisina)

MASYARAKAT adat di Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, menggelar festival seni dan budaya dari 28 sampai 29 Juni 2022 di Kampung Salafen, Distrik Misool Utara, dengan dukungan dari Dewan Adat Suku Maya, Dewan Adat Matbat Misool Utara, Yayasan Konservasi Alam Nusantara, dan Yayasan Nazareth Papua.

Ketua Dewan Adat Suku, Maya Kris Thebu mengatakan, festival seni dan budaya pertama yang digagas oleh masyarakat adat Matbat Misool Raja Ampat merupakan ajang untuk menyatukan masyarakat adat Matbat di lima kampung yang ada di Misool Utara, yakni Salafen, Waigama, Aduwey, Solal, dan Atkari.

Penyelenggaraan festival seni dan budaya di Misool Utara juga ditujukan untuk mendukung penetapan kawasan konservasi Misool Utara.

Menurut dia, festival seni dan budaya akan dilanjutkan dengan konsultasi publik mengenai rencana zonasi kawasan konservasi di wilayah perairan Misool, bagian utara Kabupaten Raja Ampat.

"Misool Utara ini memiliki potensi wisata yang tidak kalah dari daerah lain di Raja Ampat, karena itu kegiatan ini adalah awal sejarah yang dilakukan masyarakat adat Matbat dalam menjaga kelestarian alam untuk pariwisata berkelanjutan," ujarnya mengutip Antara.

Sumber : okezone.com

0 comments: