Video Luapannya Viral, Di Mana Lokasi Air Terjun Lembah Anai yang Terletak di Pinggir Jalan?

Rabu, Juni 15, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Air Terjun Lembah Anai yang berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat meluap hingga menutupi badan jalan pada hari Senin, 13 Juni 2022, sore hari. Meluapnya Air Terjun Lembah Anai tersebut diakibatkan karena curah hujan tinggi yang terjadi di wilayah tersebut. Akibatnya, jalur penghubung Kota Padang-Bukittinggi dan sekitarnya sempat terputus sementara.

Meluapnya Air Terjun Lembah Anai tersebut diketahui setelah beredar video yang viral di media sosial, memperlihatkan debit air di objek wisata tersebut cukup besar dan berwarna coklat. Tingginya debit air tersebut membuat para pengendara yang hendak melintas mengurungkan niatnya karena jalan yang terlalu ekstrem.

Akibatnya, sempat terjadi kemacetan yang begitu parah di sepanjang jalan jalur penghubung Kota Padang-Bukittinggi tersebut.

Lalu, seperti apa Air Terjun Lembah Anai tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini;



Air Terjun Lembah Anai ini terletak di Sumatera Barat. Air Terjun ini memiliki keunikan tersendiri karena letaknya yang berada di pinggir jalan Raya Padang-Bukittinggi, Kaki Gunung Singgalang.

Air Terjun Lembah Anai merupakan aliran air yang berasal dari Gunung Singgalang dan Gunung Merapi yang menerobos Bukit Barisan. Air Terjun ini merupakan konservasi Cagar Alam Lembah Anai.

Posisi tersebut membuat pengendara yang melintas kerap berhenti di lokasi tersebut untuk menikmati Air Terjun Lembah Anai. 

Sebagian banyak wisatawan yang berkunjung merupakan pengendara yang tengah melintas di jalan tersebut. 

Untuk bisa menggapai Air Terjun Lembah Anai tersebut, para pengunjung harus melewati beberapa anak tangga, lalu mengikuti jalan datar dan turunan hingga sampai ke air terjun.

Di area yang sama, para pengunjung juga bisa melihat jalur kereta api peninggalan Belanda yang sudah tidak digunakan lagi. Jalur kereta api tersebut menghubungkan Pelabuhan Teluk Bayur di Padang ke Sawahlunto.

Rute perjalanan jalur kereta api tersebut melewati Lembah Anai, Padang Panjang, tepian Danau Singkarak, dan terus ke Sawahlunto.

Untuk bisa menikmati Air Terjun Lembah Anai tersebut, para pengunjung bisa membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Dari Bandara Udara Minangkabau Padang, para pengunjung membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam menggunakan kendaraan mobil untuk bisa mencapai kawasan tersebut.

Rute perjalanan menuju Lembah Anai ini melewati berbagai bukit dan juga jurang yang terjal, serta penuh pohon-pohon besar yang menutupi barisan bukit di sekelilingnya.


Sumber : SUARA 

0 comments: