Wisata Baru di Pangandaran: Goa Nyalindung dengan Air Awet Muda

Senin, Juni 13, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Pangandaran - Pangandaran punya objek wisata alam baru yaki Gua Nyalindung yang bisa menjadi alternatif destinasi. Lokasi Gua Nyalindung berada di Dusun Karangkamulyan, Desa Cintakarya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Apabila dari bunderan Marlin Pangandaran berjarak 39 mnt (16,8 km) lewat Jl. Raya Selasari, Parigi ditempuh melalui jalur darat. Rekomendasi menggunakan kendaraan pribadi, karena belum ada akses kendaran angkutan umum ke Selasari.

Gua Nyalindung hampir sama dengan goa yang tersebar di wilayah Pangandaran. Namun gua dengan panjang 1 Km dengan tinggi 30 meter ini menyimpan banyak keindahan di dalamnya.

Selain itu Gua Nyalindung memiliki nilai sejarah dan air yang jernih bahkan disebutkan warga sekitar bisa bikin awet muda.

Tentunya daya tarik wisata Gua Nyalindung bukan hanya sekedar lubang alam alami yang panjang, tetapi beragam kegiatan yang bisa dilakukan di sana. Diantaranya menyaksikan penanaman padi hingga bercocok tanam atau berkebun.

Sepanjang gua terdapat batuan stalagmit dan stalaktit yang eksotis, tak kalah indah dengan Green Canyon di Cijulang.

Pengagas Objek Wisata Gua Nyalindung Muhrodin Susilawan (53) mengatakan, nama Gua Nyalindung berasal dari kata berlindung atau bersembunyi, jika dalam bahasa Sunda Nyalindung.

"Dahulu zaman pergerakan gerombolan DI/TII, goa tersebut digunakan untuk berlindung warga setempat dari gerombolan," kata Muhrodin. Minggu (12/6/2022).

Dia mengatakan, pada saat pertamakali di survey kembali sekitar tahun 1996 warga sebetulnya sudah lama ingin menjadikan lokasi tersebut menjadi objek wisata. Namun belum banyak yang mengetahuinya.

"Kemudian pada saat itu saya mulai membuka jalan akses menuju Gua Nyalindung untuk menjadikan objek wisata," ucapnya.

Meskipun sudah bertahan lama, Gua Nyalindung baru saja mulai dibuka sebagai objek wisata pada tahun 2022. "Hari ini kita soft opening pembukaan Goa Nyalindung sebagai daya tarik desa wisata Selasari yang digagas bersama warga setempat dan kelompok pegiat wisata," katanya.

Sementara baru-baru ini dibuka tanpa memungut biaya atau tanpa ada retribusi wisata. "Belum ada pembahasan terkait pemberian retribusi, baru seikhlasnya aja," ucapnya.

Daya Tarik Objek Wisata Gua Nyalindung

Konsep yang diberikan pegiat wisata desa Selasari menamakan berkunjung ke Gua Nyalindung dengan tema "Berlibur ke rumah Nenek". Selain untuk melihat keindahan wisatawan yang berkunjung akan merasakan pulang kampung ke desa atau kampung asalnya.

Wisatawan bisa melakukan aktivitas seperti cara menanam padi, wisatawan akan belajar mulai menanam padi, panen padi, sampai jadi beras hingga nasi siap saji.

Tujuannya wisatawan bisa mendapatkan edukasi yang lebih ketika berkunjung ke Goa Nyalindung.

Dalam Goa Nyalindung terdapat air awet muda. Dipercaya warga setempat air yang jernih tersebut bisa bikin seseorang awet muda, jika mandi dan membersihkan muka disana secara alami dengan membasuhkan air ke dalam muka.

Goa Nyalindung sepanjang 1,5 kilometer ini berada dibawah Kota Baru Pangandaran, warga Pangandaran menyebutnya Alun-alun Pangbagea.

Sumber : detik.com

0 comments: