Zona Pertahanan Taiwan Disusupi 29 Pesawat Militer China

Rabu, Juni 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi jet tempur (Foto: AFP PHOTO/SAM YEH)

Taipe - Kementerian Pertahanan Taiwan mendeteksi 29 pesawat militer China mengudara di zona pertahanan udaranya pada Selasa (22/6) waktu setempat. Aktivitas tersebut sebagai penyusupan terbesar China ke zona pertahanan udara Taiwan sejak akhir Mei 2022.

Ditulis detikNews yang dilansir Reuters, Rabu (22/6/2022), pihak Taiwan bergerak mengerahkan sejumlah jet tempur untuk memperingatkan puluhan pesawat militer China. Taiwan telah mengeluhkan selama dua tahun terakhir soal misi berulang kali dari Angkatan Udara China di dekat wilayahnya.


Belum ada tanggapan resmi dari China soal laporan Taiwan ini. Sebelumnya, China menyebut aktivitas militer semacam itu sebagai latihan yang dimaksudkan untuk melindungi kedaulatan negaranya.

Diketahui bahwa ADIZ berbeda dengan wilayah udara sebuah negara. ADIZ merupakan area di mana negara-negara bisa secara sepihak menuntut pesawat asing untuk mengambil langkah-langkah khusus untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri, tanpa adanya hukum internasional yang mengatur ADIZ.


Sumber : detik.com

0 comments: