25 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat dan Alami

Selasa, Juli 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ingin memanjangkan rambut? Simak cara-cara berikut. Foto: Getty Images/iStockphoto/AleksandarNakic

Memanjangkan rambut bisa dilakukan secara cepat. Banyak perempuan, bahkan laki-laki, yang ingin memiliki rambut panjang dan sehat. Sayangnya, banyak orang yang kesulitan memanjangkan rambut secara instan.

Pilihannya mungkin dengan menggunakan extention hair. Namun, alangkah lebih menyenangkan apabila kita bisa memiliki rambut panjang yang alami, bukan hasil sambungan.

Ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan untuk memanjangkan rambut dengan cepat dan alami.

Cara Memanjangkan Rambut dengan cepat dan Alami
Memanjangkan rambut dengan cepat bisa dilakukan dengan bahan-bahan natural maupun dengan bantuan suplemen. Berikut cara-caranya, dilansir beberapa sumber terpercaya seperti The Cut, Medicinet, dan Byrdie.



1. Pijat Kulit Kepala
Cara paling alami yang bisa kamu lakukan untuk memanjangkan rambut secara alami adalah dengan memijat kulit kepala secara rutin. Menurut dr. Alan J. Bauman, ahli restorasi rambut bersertifikat dari World Trichology Society, menyebutkan bahwa memijat kulit kepala memberikan manfaat mengurangi hormon stres dan menjaga tekanan darah serta detak jantung tetap stabil.

Dengan melakukan pijat kepala, aliran darah ke kulit kepala akan meningkat dan membantu akar-akar rambut semakin kuat. Aliran darah yang cukup juga membantu folikel mendapatkan nutrisi lebih banyak sehingga rambut cepat tumbuh. Pijat kulit kepala bisa dilakukan tanpa bahan apa-apa atau dalam keadaan rambut kering, tetapi lebih baik jika menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung nutrisi untuk menumbuhkan rambut.

2. Rawat dengan Minyak Jarak
Minyak jarak diketahui memiliki fungsi antijamur dan antibakteri. Kedua fungsi ini berguna membantu mengurangi infeksi kulit kepala yang mengakibatkan rambut sukar tumbuh. Minyak jarak panas cocok untuk digunakan dalam perawatan menumbuhkan rambut.

Minyak ini mengandung Omega-6, vitamin E, serta protein dan nutrisi-nutrisi yang dapat memperkuat helai serta akar rambut. Minyak jarak juga dapat mempertahankan kelembaban rambut, sehingga rambut akan terlihat sehat dan berkilau. Cara pengaplikasiannya, pijatkan minyak jarak panas ke kulit kepala dan oleskan dari pangkal ke ujung rambut. Kemudian tutup dengan kap mandi selama 30-60 menit sebelum dibilas.


3. Rawat dengan Minyak Zaitun
Selain minyak jarak, minyak zaitun juga menjadi primadona dalam hal menumbuhkan dan merawat rambut. Minyak zaitun mengandung Omega-3 yang dapat mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat serta membuat rambut lebih lembut berkilau.

Sama seperti minyak jarak, minyak zaitun dapat digunakan dengan cara dipijatkan ke kulit kepala serta dioleskan ke helai-helai rambut. Kemudian diamkan selama 30-60 menit sebelum dibilas. Minyak ini dapat diaplikasikan bersamaan dengan minyak alami lain seperti minyak kelapa dan minyak almond.

4. Gunakan Masker Rambut dari Kuning Telur
Telur kaya akan protein dan seperti diketahui, protein berperan besar dalam menumbuhkan rambut. Masker rambut dari kuning telur bisa menjadi pilihan untuk perawatan rambut Anda. Sebab, selain protein, kuning telur juga mengandung lesitin yang memperkuat akar rambut. Kandungan belerangnya juga dapat mencegah munculnya ketombe.

Cara pengaplikasiannya berdasarkan Byrdie:

Campur dua telur dengan dua sendok makan minyak zaitun.
Tambahkan setengah gelas air pada campuran telur dan minyak zaitun tadi agar lebih encer.
Usapkan masker pada rambut kering yang sudah disisir rapi.
Biarkan selama 30 menit.
Bilas dengan air, kemudian keramaslah dengan sampo dan kondisioner seperti biasa.
5. Gunakan Masker Berbahan Kayu Manis
Bahan lain yang ternyata ampuh untuk membantu menumbuhkan rambut dengan cepat adalah kayu manis. Kayu manis memiliki sifat antimikroba yang dapat merangsang sirkulasi darah dan menutrisi setiap helai rambut.

Cara membuat dan aplikasinya:

Campur kayu manis dengan minyak kelapa dalam perbandingan yang sama sesuai kebutuhan rambutmu.
Oleskan campuran tersebut ke rambut, terutama pada kulit kepala untuk menutrisi akar.
Diamkan selama 45 menit, kemudian bilas dan keramaslah seperti biasa.
6. Pilih Penumbuh Rambut yang Mengandung Bahan-bahan Berikut Ini
Untuk memiliki rambut sehat, tentu ada nutrisi-nutrisi yang harus dipenuhi. Jika kamu ingin memiliki rambut panjang dan sehat yang tumbuh cepat secara alami, pastikan asupan bahan-bahan ini tercukupi. Antara lain:

Vitamin A, berfungsi membantu membentuk sebum yang menjaga kelembapan kulit kepala dan rambut
Vitamin E, berfungsi menutrisi kulit kepala dan helai rambut dan melindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.
Zinc, berfungsi mengatur level dihydrotestosterone (DHT) dalam tubuh yang tugasnya mencegah kerontokan rambut.
Zat besi, berfungsi menjaga asupan aliran darah yang membantu menjaga folikel rambut tetap sehat dan mampu mempercepat pertumbuhan helai rambut.
Vitamin C, berfungsi sebagai antioksidan yang membentuk kolagen, serta memaksimalkan penyerapan zinc untuk mencegah kerontokan rambut.
Vitamin D, berfungsi menjaga kesehatan folikel rambut dan memaksimalkan pertumbuhan rambut, serta membantu mengurangi stres yang dapat mengakibatkan kerontokan rambut.
Asam amino, berfungsi memproduksi keratin yang dapat mendorong pertumbuhan rambut dan memperbaiki tekstur rambut menjadi lebih kuat dan halus.
Asam lemak Omega-3, berfungsi memproduksi minyak alami yang menjaga kulit, termasuk kulit kepala, tetap lembap, sehat, dan terhidrasi.
Biotin, berfungsi memperbaiki tekstur dan kekuatan rambut.
7. Konsumsi Juga Makanan yang Mengandung Nutrisi Tersebut
Selain didorong dari luar, pertumbuhan rambut juga bisa didorong dari dalam melalui makanan. Jika ingin segera menumbuhkan rambut dengan alami dan cepat, sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan dengan nutrisi-nutrisi yang disebutkan di atas. Mulai dari vitamin A, vitamin E, vitamin D, zinc, protein, hingga Omega-3.

8. Konsumsi Lemak Baik sebagai Pengganti Suplemen Penumbuh Rambut
Menyambung cara di atas, sebaiknya kamu mengkonsumsi makanan dengan kandungan lemak baik yang dibutuhkan tubuh untuk menumbuhkan rambut alih-alih meminum suplemen penumbuh rambut. Minum suplemen memang baik, tapi akan lebih baik jika bisa memenuhi kebutuhan nutrisi-nutrisi tersebut secara alami dari makanan.

Nutrisionis Meryl Pritchard dalam Byrdie menjelaskan bahwa tubuh tidak dapat memproduksi sendiri nutrisi-nutrisi tertentu, salah satunya Omega-3 yang paling penting untuk menyuburkan folikel rambut. "Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan lemak ini melalui makanan kita," jelas Pritchard. Omega-3 dapat ditemukan dalam makanan-makanan seperti kenari, salmon, tuna, kedelai, dan minyak canola.

9. Cermat Menggunakan Obat-obatan Penumbuh Rambut
Menumbuhkan rambut dengan obat-obatan memang terdengar praktis dan mudah dengan hasil maksimal yang cepat. Namun, kamu harus cermat memilih jenis obat-obatan yang dikonsumsi untuk menumbuhkan rambut. Pastikan obat-obatan itu sudah disetujui oleh dokter atau ahli di mana kamu memeriksakan kesehatan rambutmu.

Bauman mengingatkan, resep obat penumbuh rambut yang tidak sesuai justru akan membuat kerontokan rambut semakin parah. Pastikan juga efek samping dari obat yang kamu konsumsi.

10. Gunakan Produk Berbahan Keratin
Rambut yang kering dan kasar seringkali membuat orang malas memiliki rambut panjang. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan produk yang mengandung bahan keratin. Selain mengatasi tekstur rambut yang kasar dan kering, rupanya keratin juga dapat membantu memperkuat akar rambut dan mencegah kerontokan.

Kandungan keratin banyak ditemukan dalam sampo-sampo yang dikhususkan untuk rambut yang sering di-styling dan rambut rusak. Pastikan kamu memilih sampo yang tepat dan sesuai untuk rambutmu ya, jangan sampai malah menambah kerontokan.

11. Rutin Menggunakan Kondisioner
Selain sampo, rambut juga membutuhkan penunjang berupa kondisioner dan vitamin. Kondisioner tidak hanya membantu rambut menjadi lebih halus dan lembap, tetapi juga dapat membuat akar rambut semakin kuat serta meningkatkan elastisitas rambut sehingga tidak mudah patah.

Menggunakan kondisioner juga membuat rambut lebih mudah diatur, sehingga kamu tidak akan terlalu keras saat bersisir. Ini menyambung ke cara selanjutnya, yakni jangan bersisir terlalu kasar.

12. Sisir dengan Lembut
Setelah keramas, biasanya rambut akan kusut sehingga orang-orang akan berusaha lebih keras untuk menyisirnya agar lebih rapi. Namun, yang seringkali salah dilakukan adalah menyisir rambut dengan terlalu keras. Padahal ini akan membuat akar rambut melemah dan akhirnya menimbulkan kerontokan.

Karenanya, jika ingin menumbuhkan rambut dengan cepat dan alami, jangan bersisir terlalu keras hingga akar rambut tertarik dan helai rambut rawan putus. Lakukan perlahan dan lembut. Disarankan lakukan dari tengah helai rambut ke ujung, alih-alih dari akar rambut. Hal ini untuk menghindari akar rambut tercerabut.

13. Pilih Sisir yang Tidak Terlalu Rapat
Selain bersisir dengan lembut dan perlahan, jenis sisir yang digunakan juga perlu diperhatikan. Pilih sisir yang jari-jarinya tidak terlalu rapat. Jika terlalu rapat, dikhawatirkan rambut akan sulit diurai, terutama dalam keadaan kusut. Pilih juga sisir yang bisa sekaligus memijat kulit kepala.

14. Keramas Secukupnya, Jangan Berlebihan
Kamu masih beranggapan bahwa keramas lebih sering bisa menutrisi rambut dan membuat rambut tumbuh lebih cepat? Buang jauh-jauh anggapan itu. Menurut pakar, justru berkeramas terlalu sering akan membuat rambut rusak, kering, dan rapuh, serta menghilangkan minyak alami rambut.

Bukan berarti kamu hanya berkeramas seminggu sekali saja, tapi keramaslah dengan jeda hari yang cukup. Tidak perlu setiap hari keramas. Kecuali jika kamu baru saja melakukan aktivitas yang membuat rambut lepek dan kotor.

15. Hindari Membungkus Rambut dengan Handuk
Banyak dari kita yang masih mengeringkan rambut dengan cara membungkusnya menggunakan handuk. Rupanya cara ini tidak disarankan dan akan merusak rambut, sehingga rambut susah tumbuh panjang dengan cepat.

Cara ini memang terlihat praktis, tetapi memutar rambut dan menggosok-gosoknya dengan kain membuat helai rambut menjadi rapuh. Bukan berarti rambut tidak boleh dikeringkan dengan handuk, tapi pilihlah handuk dengan bahan yang ramah rambut seperti bahan mikrofiber. Jangan menggosok rambut untuk mengeringkannya, tapi cukup ditepuk-tepuk pelan.

16. Batasi Heat Styling
Hal lain yang harus dihindari agar rambut lebih mudah memanjang dengan alami adalah heat styling. Menata rambut dengan pemanas seperti hair dryer dan catok memang membantu di saat-saat penting dan mewajibkan tampil rapi, tapi terlalu sering menggunakannya akan merusak helai rambut.

Bauman menyarankan, jika ingin mengeringkan rambut, gunakan cara alami dengan biarkan mengering dengan sendirinya atau dengan udara (kipas). Kalaupun terpaksa harus menggunakan hair dryer, jangan lupa aplikasikan heat-protector spray untuk melindungi rambut dari suhu panas berlebih.

17. Biarkan Rambut Tergerai Tanpa Styling
Sama seperti otot, rambut juga butuh "istirahat" sesekali. Jika pada hari-hari biasa kamu sering melakukan styling rambut, coba untuk menguranginya dan biarkan rambut tergerai sebagaimana adanya. Pada dasarnya, rambut manusia sudah rapi sesuai bentuknya masing-masing. Seringkali styling-lah yang menyebabkan rambut menjadi susah diatur.

18. Ikat Rendah
Namun, jika kamu tidak mungkin beraktivitas dengan rambut digerai karena terganggu, cobalah untuk mengikatnya dengan ikatan rendah. Jangan diikat terlalu erat atau tinggi, karena itu akan menarik helai rambut dari kulit kepala dan membuat akar rambut melemah.

19. Potong Ujung Rambut Bercabang Secara Rutin
Ingin memanjangkan rambut, tapi kok dipotong? Ujung rambut yang bercabang memang sebaiknya dipotong supaya rambut tidak semakin rusak. Percuma rambut panjang tapi helai-helainya rusak dan tiap ujungnya bercabang serta kering.

Awalnya memang akan terkesan sia-sia memanjangkan rambut jika terus memotong ujungnya. Namun, pada akhirnya helai rambut akan lebih sehat dan mudah ditata. Jika dirawat dengan benar, cabang rambut tidak akan muncul lagi dan kamu bebas memanjangkan rambut.

20. Terapkan Haircare Routine
Sama seperti kulit, rambut juga membutuhkan perawatan rutin. Ada sederet produk haircare routine yang perlu kamu aplikasikan untuk menjaga rambutmu tetap sehat. Bukan hanya sehat, tetapi juga mudah tumbuh panjang karena bagian akar dan helai rambutnya sudah sehat.

Jangan hanya merawat rambut dengan cara keramas menggunakan sampo. Rambut juga membutuhkan nutrisi lain yang bisa didapatkan dari kondisioner, serum, dan minyak perawatan rambut. Sebaiknya gunakan bahan-bahan alami untuk meminimalisir kulit kepala terpapar bahan kimia terlalu banyak.

21. Bawa ke Salon
Ahli perawatan rambut di salon biasanya lebih paham apa yang dibutuhkan rambutmu. Jika rambutmu kering, maka harus diberi apa. Jika terlalu mudah lepek, harus diberi apa. Jika ingin memanjangkan rambut, mereka juga punya tipsnya supaya rambut lebih sehat dan mudah tumbuh panjang.

22. Gunakan Minoxidil
Memang disarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak obat-obatan atau bahan kimia untuk menumbuhkan rambut. Tapi ada jenis-jenis obat yang sudah dinyatakan aman digunakan untuk rambut dan terbukti bisa menumbuhkannya dengan cepat. Salah satunya Minoxidil.

Obat ini disetujui oleh United States Food and Drugs Administration (FDA). Minoxidil secara efektif merangsang pertumbuhan rambut, menebalkan rambut, dan mencegah kerontokan.

23. Lakukan Meditasi untuk Mengurangi Stres
Penyebab rambut mudah rontok dan kasar bukan hanya karena pengaruh luar. Tetapi juga karena pengaruh dari dalam diri sendiri alias dari pikiran. Tidak heran jika orang yang banyak pikiran atau stres cenderung mengalami kerontokan rambut.

Untuk menjaga rambut tetap sehat dan tidak mudah rontok, kamu perlu mengelola stres. Bisa dengan meditasi atau meluangkan waktu untuk beristirahat yang cukup. Jika kerontokan rambut minim, maka rambut akan lebih mudah tumbuh panjang.

24. Tidur dengan Sarung Bantal Berbahan Sutra
Beristirahat yang cukup bisa dilakukan dengan tidur. Nah, rupanya ada trik khusus agar kualitas rambut bisa ditingkatkan saat tidur. Yakni, gunakan sarung bantal berbahan sutra.

Mengapa harus sutra? Dilansir Byrdie, bahan sutra lebih lembut dibandingkan katun. Lembutnya sutra lebih ramah bagi helai rambut. Bahkan, bahan ini bisa menyerap dan menyimpan nutrisi-nutrisi yang tertempel di rambutmu karena berbagai produk perawatan, kemudian akan menempelkannya lagi di rambutmu saat tidur selanjutnya.

25. Hindari Merokok
Merokok dan rambut mungkin terdengar tidak berkaitan. Namun, Bauman menyebutkan bahwa rokok punya andil dalam mempengaruhi kesehatan rambut. "Merokok membatasi aliran darah ke kulit kepala dan folikel, sehingga membatasi aliran oksigen dan nutrisi penting yang dibutuhkan rambut agar tetap sehat," jelas Bauman seperti dilansir Byrdie. Nikotin rokok yang menempel di rambut bisa menyerap ke kulit kepala dan memberi efek negatif.

Proses Pertumbuhan Rambut
Mengutip Science Direct, pertumbuhan rambut dibagi ke dalam tiga tahap. Yakni anagen, catagen, dan telogen.

1. Anagen
Anagen adalah fase pertumbuhan rambut di mana melanin membentuk helai-helai rambut. Sepanjang 85 persen dari helai rambut terbentuk pada fase ini.

2. Catagen
Catagen adalah fase transisi saat pertumbuhan rambut melambat dan terlepas dari dasar folikelnya. Pada fase ini, folikel akan memendek dan bola rambut mulai rusak.

3. Telogen
Telogen adalah tahap di mana rambut tidak lagi tumbuh. Namun, helai-helai rambut akan tertancap ke folikel. Fase ini disebut juga fase istirahat. Setelah ini, folikel akan kembali masuk ke fase Anagen dan mengulangi proses pertumbuhan rambut baru.

Faktor yang Membuat Rambut Cepat Panjang
Beberapa faktor di bawah ini berpengaruh dalam membuat pertumbuhan rambut lebih cepat, seperti dilansir Medical News Today.

1. Vitamin
Umumnya semua vitamin baik bagi kesehatan tubuh, termasuk rambut. Namun, vitamin yang paling penting dan dibutuhkan rambut adalah B2 atau riboflavin dan B7 atau biotin. Kekurangan 2 vitamin ini dapat menyebabkan kerontokan parah.

2. Protein
Protein berguna untuk menjaga rambut tetap kuat dan mencegah kerontokan.

Demikian 25 cara memanjangkan rambut secara cepat dan alami. Selamat mencoba, detikers!

Sumber : detik.com

0 comments: