3 Tips Menjaga Napas Tetap Segar bagi Perempuan Menurut Dokter Gigi

Jumat, Juli 29, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

com-Ilustrasi bau mulut Foto: Shutterstock
Ladies, kamu pasti tahu bahwa bau mulut yang tidak sedap akan berdampak buruk pada kepercayaan diri seseorang. Selain itu, napas yang tidak segar juga berpotensi mengganggu orang lain di sekitar yang sedang berinteraksi dengan kamu.
Mungkin saat ini masih banyak perempuan yang kurang memerhatikan kesehatan mulut dan gigi, sehingga menyebabkan bau mulut. Mengingat bau mulut sangat berdampak pada kepercayaan diri dan kenyamanan orang lain, tentu kamu harus mencegah itu terjadi.
Ketika kamu menyadari bahwa napasmu kurang segar, mungkin langkah pertama yang kamu lakukan adalah dengan makan permen mint yang diklaim bisa menyegarkan napas. Namun, trik tersebut hanya bertahan sementara, Ladies. Begitu permennya habis, aroma segar dari permen itu juga akan hilang.
Lantas, bagaimana caranya agar terhindar dari bau mulut? Nah, drg. Nadia Widjaja, selaku anggota Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), memaparkan cara-cara yang bisa langsung kamu terapkan, lho. Simak tiga tips menjaga napas tetap segar bagi perempuan di bawah ini, Ladies.

1. Menambal gigi yang berlubang ke dokter gigi

Saat ditemui di acara media gathering “Philips Dukung Era Baru dalam Merawat Diri Melalui Rangkaian Inovasi Produk Personal Health” pada Selasa (26/7), Nadia menegaskan bahwa cara pertama untuk menjaga napas tetap segar adalah menanggulangi permasalahan utama, yakni gigi berlubang.
“Gampang saja. Kalau ada lubang, harus langsung tambal, karena gigi berlubang bisa menyebabkan bau mulut. Kalau gigi berlubang, makanan yang kita makan pasti menyelip ke dalam lubang. Terus, kalau sikat gigi enggak bener, makin-makin, deh, aromanya enggak enak,” tegas Nadia di Kantorkuu Coworking Space & Office Agro Plaza Kuningan, Jakarta Selatan.

2. Menyikat gigi dengan baik dan benar

Langkah selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah menyikat gigi dengan baik dan benar. Jika gigi tidak disikat secara menyeluruh, makanan yang menyelip di sela-sela gigi tidak akan terangkat dan itu akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap, Ladies. Selain itu, Nadia mengatakan, membersihkan karang gigi di dokter gigi juga akan membantu menjaga napas tetap segar.
“Lalu, bersihin karang giginya dan jangan sampai ada makanan yang terjebak. Itu bisa jadi bau mulut juga,” jelas dokter gigi yang praktik di Happy Dental Clinic Puri Indah Mall tersebut.
Menyikat gigi yang baik dan benar tidak hanya bisa menjaga napas kita tetap segar, tetapi juga menjaga kesehatan gigi dan gusi.

3. Jangan lupa menyikat lidah

Terakhir, langkah yang tidak boleh dilupakan adalah menyikat lidah saat sedang menyikat gigi. Nadia mengakui, kegiatan menyikat lidah memang terkadang dilupakan oleh banyak orang.
“Menyikat lidah itu penting, itu mampu mencegah bau mulut. Lidah itu kadang terlupakan sama kita, jadi, jangan lupa, lidah itu harus tetap disikat. Namun, sikatnya memang harus yang lembut dan kalau bisa yang khusus untuk menyikat lidah,” ungkap Nadia.
Dikutip dari Sunpark Dental, menyikat lidah menjadi rutinitas yang penting, karena mampu mencegah pembusukan gigi dan penyakit gigi lainnya. Bakteri atau partikel kecil dari makanan yang dikonsumsi bisa menumpuk di lidah, dan berpotensi untuk mencapai gigi dan gusi. Dengan menyikat lidah, tumpukan bakteri dan partikel tersebut bisa dibersihkan sebelum mereka memiliki kesempatan untuk mencapai gigi.
Nah, Ladies, jangan lupa untuk menerapkan tips menjaga napas tetap segar ini, ya!

Sumber : kumparan.com

0 comments: