4 Daftar Negara Terbaik di Asia untuk Kuliah, dari China hingga Singapura

Selasa, Juli 19, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

Ilustrasi/Freepik

Tak kalah dari Eropa, negara-negara di benua Asia juga banyak menjadi bidikan mahasiswa asing untuk menuntut ilmu.

Selain kualitas pendidikannya yang baik, budaya dan suasana di negara tersebut juga sangat mendukung para pelajar asing untuk datang dan belajar.

Berikut adalah 4 negara terbaik di Asia untuk kuliah.

1. China

China dapat dikatakan sebagai negara di Asia yang pantas dijadikan tujuan kuliah. Menurut data yang dipublikasi oleh Statista, jumlah universitas di China mencapai angka 2.738 di tahun 2020.

Hal ini tak lepas dari rencana dan komitmen pemerintah China untuk terus mengembangkan sistem pendidikan dan meningkatkan standar pendidikannya.

Ada 2 perguruan tinggi China dengan kualitas pendidikan terbaik, yakni Universitas Tsinghua yang memiliki skor global 80,1 dan Universitas Peking dengan skor global 76,2.

Maka tak heran jika negara ini cocok sebagai tujuan kuliah para calon mahasiswa.

2. Korea Selatan

Sebanyak 202 universitas tercatat di Korea Selatan per tahun 2021. Korea Selatan tercatat memiliki beberapa universitas bergengsi di dunia, salah satunya adalah Seoul National University.

Universitas ini menempati peringkat 1 di Korea Selatan dan 31 dalam skala dunia.

Selain karena mutu pendidikannya yang sangat baik, Korea Selatan juga mempunyai daya tarik tersendiri di bidang budaya.

Apalagi, keberadaan boyband, girlband, dan drama Korea sangat melekat di hati banyak orang di dunia.

Ini kemudian menjadi daya tarik para pelajar untuk menuntut ilmu di Korea Selatan, sekaligus mempelajari budayanya.

3. Singapura

Banyak jurusan kuliah favorit dan bergengsi yang bisa didapatkan di Singapura. Contohnya adalah teknik mesin, Singapura memang menjadi primadona utama para mahasiswa asing.

National University of Singapura, misalnya. Universitas ini didirikan tahun 1980 dan merupakan penggabungan antara University of Singapore dan Nanyang University.

Keduanya adalah kampus teknik terbaik di Negeri Singa itu. Teknik sangat digemari karena memang pembangunan di negara ini memang sedang masif.

Singapura memiliki banyak perusahaan mumpuni yang mencari SDM berkualitas tinggi.

4. Jepang

Tak lengkap rasanya jika tidak menyebut Jepang sebagai negara terbaik yang dijadikan tujuan kuliah mahasiswa internasional.

Ada 75 universitas bonafide yang ada di Jepang, termasuk Universitas Tokyo. Diketahui, Jepang merupakan salah satu negara maju di bidang teknologi.

Banyak pihak, mulai dari pemerintah Indonesia, instansi tertentu, bahkan pemerintah Jepang yang menyediakan beasiswa agar masyarakat luas bisa belajar ke Negeri Sakura itu.

Selain kualitas pendidikannya yang memadai, lingkungan yang aman dan fasilitas pejalan kaki terbaik juga disediakan pemerintah Jepang.

Sumber : okezone.com

0 comments: