4 Destinasi Wisata di Dieng Wajib Dikunjungi, Pesonanya Memanjakan Mata!

Kamis, Juli 28, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

https: img.okezone.com content 2022 07 27 408 2637003 4-destinasi-wisata-di-dieng-wajib-dikunjungi-pesonanya-memanjakan-mata-EuJaGbxgWc.jpgIlustrasi traveling (dok. Freepik)

INGIN liburan bersama kerabat di Dieng? jangan mengunjungi destinasi wisatanya.

Dieng berada di dataran tinggi yang terbagi di dua Kabupaten, yakni Banjarnegara dan Wonosobo, Jawa Tengah. Destinasi wisata di Dieng sangat mempesona, mulai dari pemandangan alamnya yang menarik dikunjungi bersama keluarga.

Wisata Dieng memang sangat memanjakan mata wisatawan yang berkunjung.

Selain pemandangan yang sangat asri, hawanya yang sejuk, serta adanya peninggalan sejarah bernilai tinggi di kawasan wisata Dieng. Salah satunya prosesi ruwatan anak rambut gimbal.

Ruwatan anak rambut gimbal digelar dalam acara Dieng Culture Festival 2022.

Kegiatan ini biasanya digelar setiap tahunnya karena menyajikan prosesi adat dan budaya dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan wisatawan.

Berikut empat destinasi wisata di Dieng wajib dikunjungi:

1. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir adalah salah satu tempat favorit wisatawan ketika berkunjung ke Dieng. Di tempat ini, wisatawan dapat menikmati keindahan mataharit terbit (sunrise) dari atas bukit. Keindahan alam berupa matahari terbit dengan warna keemasan (golden sunrise) menjadi pemandangan yang memanjakan mata.

Namun, untuk menyaksikannya, para wisatawan harus terlebih dulu mendaki bukit setinggi 2.300 mdpl. Tidak hanya golden sunrise, wisatawan dapat pula menikmati keindahan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Slamet, Gunung Merbabu hingga Gunung Merapi jika cuaca cerah.

2. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang adalah salah satu objek wisata di Dieng. Wisatawan datang ke kawasan ini guna menyaksikan aktivitas vulkanik. Kawah yang masih menunjukkan aktivitas vulkanik memang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Kawah Sikidang tinggi akan kandungan sulfur atau belerang. Oleh karena itu, bau gas yang keluar sangat menyengat. Para wisatawan disarankan untuk menggunakan masker agar tidak keracunan gas.

Di Kawah Sikidang, wisatawan dapat menemukan pedagang telur, di mana telur itu direbus di kawah kecil yang airnya mendidih.

3. Candi Arjuna

Dari sekian banyak candi yang berada di dataran tinggi Dieng, Komplek Candi Arjuna adalah yang terluas. Kompleks Candi Arjuna mempunyai luas sekitar satu hektare. Pada kompleks ini terdapat lima bangunan candi, yakni Candi Arjuna, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, serta Candi Sembadra.

Kompleks candi ini menawarkan pemandangan indah karena dikelilingi dengan latar belakang perbukitan. Biasanya kompleks Candi Arjuna digunakan untuk pelaksanaan Galungan hingga tempat pelaksanaan ruwatan anak gimbal.

4. Telaga Warna

Telaga Warna mempunyai pemandangan yang indah. Disebut Telaga Warna karena warna air danau dapat berubah-ubah ketika terkena pantulan sinar matahari. Hal ini disebabkan tingginya kandungan belerang pada air danau.

Telaga Warna berada di ketinggian 2.000 mdpl serta dikelilingi panorama Gunung Prau. Pagi hingga siang hari adalah waktu yang ideal untuk mengunjungi kawasan ini. Pasalnya pada sore hari, kawasan sekitar Telaga Warna ditutupi oleh kabut.

Sumber : okezone

0 comments: