4 Destinasi Wisata Kota Santri Cianjur yang Instagramable

Selasa, Juli 05, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Cianjur - Akses jalan menuju Cianjur selatan sudah bisa kembali dilalui kendaraan usai 2 pekan ditutup akibat longsor. Yuk detikers kita liburan ke destinasi wisata di selatan Kota Santri.
Ini daftar beberapa wisata alam yang indah dan bisa nambah stok foto yang instagramable.

1. Karang Potong Ocean View
Destinasi wisata ini sedang hits dan banyak didatangi wisatawan. Sesuai dengan namanya, yakni Karang Potong Ocean View, wisata ini menyuguhkan panorama alam berupa samudera Hindia yang indah.

Berbeda dengan wisata pantai selatan yang lain, Karang Potong Ocean View ini memang berada di ujung tebing batu, sehingga pemandangan yang kita bisa lihat juga lebih luas.

Desir ombak yang menari di atas lautan pun nampak jelas dan begitu mempesona.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan, terdapat banyak spot foto dengan latar belakang samudra di destinasi wisata tersebut, mulai dari ayunan, hingga deretan rumah kecil yang cantik dan tentunya instagramable.

Untuk wisatawan yang membawa anak, jangan khawatir, karena terdapat juga playground. Ada juga wahana virtual reality yang memacu adrenalin.

"Karang Potong Ocean View ini memang jadi wisata pembeda di sepanjang pantai selatan Cianjur. Tidak hanya wisata pantai dan pemandangan alam, tapi juga banyak spot foto yang kita sediakan, termasuk wahana anak dan wahana lainnya," kata Dede, Penanggungjawab Wisata Karang Potong.

Harga tiket yang terjangkau membuat wisata ini jadi tujuan utama wisata di Cianjur selatan. "Tiketnya murah meriah, dengan Rp 20 ribu per orang saat weekday dan Rp 25 ribu per orang saat akhir pekan, wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan alam yang indah dan spot foto yang ada," kata dia.

Bagi yang ingin menginap, tersedia juga cabin box dan resort dengan harga yang terjangkau.

2. Pantai Cemara
Wisata pantai ini tak kalah indah dengan Karang Potong Ocean View. Pantai Cemara menyuguhkan wisata pantai dikelilingi hutan cemara.

Memang wisata ini berada di balik kawasan hutan cemara yang tumbuh di sekitaran pantai.

Keberadaan pohon cemara ini membuat suasana wisata berbeda dengan wisata pantai lainnya di Cianjur.

Selain menjadi spot foto yang instagramable, terdapat juga wahana berupa motor ATV yang bisa kira kendaraan untuk menyusuri sepanjang pantai tersebut.

3. Curug Citambur

air terjun citambur Foto: Wisma Putra
Curug Citambur yang berlokasi di Desa karangjaya Kecamatan Pasirkuda Kabupaten Cianjur.

Curug atau air terjun yang ketinggiannya kira-kira 130 meter ini terkenal sangat dingin dan memiliki debit air yang besar terlebih saat musim penghujan. Kondisi tersebut membuat Curug Citambur selalu diliputi kabut tipis dan suara air jatuhannya yang begitu keras bergemuruh.

Curug Citambur yang dibatasai tebing curam dan debit air yang besar akan sangat berbahaya jika berada di bawah guyuran airnya.

Nama Citambur sendiri diambil lantaran air yang jatuh dari atas curug ke kolam berbunyi "bergedebum" seperti suara Tambur, sebuah alat musik tabuh yang dipukul. Suara berdebumnya alat musik tabuh itu terdengar cukup jauh sehingga warga Pasirkuda menyebutnya Curug Citambur.

Penataan kawasan wisata Citambur sendiri sudah lebih bagus, begitu masuk kawasan wisatanya kita akan disuguhkan dengan berbagai spot foto yang instagramable. Bahkan pengelola wisata juga membangun rumah yang mirip rumah hobit dengan latar belakang curug.

4. Pantai Jayanti
Pantai Jayanti memang tak seindah pantai lainnya di kawasan selatan Cianjur. Namun sejak dulu pantai ini menjadi tujuan utama wisatawan berkunjung ke selatan.

Jika ombak sedang bersahabat atau tidak terjadi gelombang tinggi, kita bisa bermain pasir di bibir pantai dan berenang di tepi laut.

Namun selain wisata pantai, Jayanti ini menjadi tujuan karena terdapat pasar ikan yang lengkap, sehingga wisatawan yang ingin mencicipi ikan bakar khas laut Selatan Cianjur, biasanya datang ke pantai Jayanti ini.

Kita juga disuguhkan pemandangan ratusan kapal yang mencari ikan di tengah laut di pantai tersebut, menjadi pemandangan yang cukup unik.

Untuk spot foto terdapat juga batu karang yang bisa dijadikan lokasi berfoto saat air laut surut.

Sumber : detik.com

0 comments: