4 Tips Hindari Penipuan Olshop Palsu di Instagram

Senin, Juli 04, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

 Di Instagram, penipuan berkedok online shop (olshop) semakin merajalela. Biasanya, penipu menawarkan harga murah dari pasaran guna menggaet banyak korban.

Mengingat sulit untuk membedakan mana olshop yang asli dan palsu, setiap harinya pasti ada saja masyarakat yang tertipu. Tidak sedikit dari mereka yang merugi dengan jumlah besar.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengingatkan masyarakat agar lebih waspada. Lewat aku Instagram-nya, Kominfo membagikan tips menghindari olshop palsu.

Berikut ini adalah empat tips menghindari penipuan olshop palsu di Instagram, dilansir dari akun Kominfo, Senin (4/7/2022):

1. Cek kolom komentar

Kalau kolom komentarnya dinonaktifkan berarti ada sesuatu yang ditutup-tutupi oleh akun tersebut.

2. Cek informasi akun

Bisa kunjungi profil akun olshop > klik “Tentang Akun” atau “About This Account” > Pilih“Nama Sebelumnya” atau “Former Usernames”. Jika akun olshop sering berganti nama, wajib dicurigai.

3. Jangan tergiur harga murah

Penting diingat, harga murah yang tidak masuk akal perlu diwaspadai. Bisa jadi barang yang dijual 'gaib' alias tipu-tipu.

4. Cek followers

Akun olshop dengan followers banyak bukanlah sebuah jaminan akun tersebut asli. Bisa jadi followersnya banyak yang palsu. Jadi pikir-pikir dulu sebelum membeli.

Itulah beberapa tips agar terhindar dari penipuan berkedok olshop di Instagram. Semoga bermanfaat.


Sumber : okezone.com

0 comments: