5 Cara Mencegah Penyakit Jantung pada Anak, Orang Tua Wajib Tahu

Sabtu, Juli 16, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


Penyakit jantung ternyata tidak hanya dialami orang dewasa. Anak-anak juga bisa terkena penyakit jantung.

Ada beberapa cara mencegah penyakit jantung pada anak yang bisa dilakukan orang tua. Cara-cara ini berkisar dari gaya hidup hingga kesadaran untuk melakukan pemeriksaan rutin.

Bukan rahasia lagi, penyakit jantung jadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Pada anak, penyakit jantung bisa terjadi karena beberapa faktor.


Cara Mencegah Penyakit Jantung pada Anak
Orang tua dirasa perlu untuk melakukan beberapa cara menjaga kesehatan jantung anak.

Berikut tips menjaga kesehatan jantung sejak dini dari dokter spesialis kardiologi anak yang juga menjabat sebagai Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Piprim Basarah Yanuarso melalui keterangan tertulis, Senin (11/7).

1. Aktif bergerak
Anak yang kurang bergerak diyakini lebih berisiko terkena penyakit jantung. Untuk itu, penting mengajak anak bergerak, salah satunya dengan olahraga ringan.

"Dimulai dari jalan kaki bersama, bersepeda, berenang, atau bermain di luar ruang terbuka," kata Piprim.

2. Bersikap positif
Bersikap positif artinya bahagia dan melakukan berbagai aktivitas menyenangkan. Ini bisa dimulai dengan melakukan kegiatan keluarga dan berjalan-jalan ke taman untuk piknik dan makan malam yang sehat.

Membuat anak tetap senang menjadi salah satu cara mencegah penyakit jantung pada anak.

3. Batasi waktu menonton atau di depan komputer


Gaya hidup kurang bergerak salah satunya disebabkan oleh screentime berlebihan. Untuk itu, penting membatasi waktu menonton TV, komputer, dan bermain ponsel hingga dua jam setiap hari.

4. Lakukan pemeriksaan rutin sejak dini
Kesehatan jantung bisa dimonitor sejak dini. Ini bisa dilakukan melalui ekokardiografi atau echo Jantung.

Alat ini dapat mendeteksi secara dini apabila terdapat kelainan pada jantung anak sehingga bisa dilakukan pencegahan atau penanganan sedari awal.

5. Atur menu makan sehat anak
Asupan makanan cukup berpengaruh terhadap kesehatan anak. Utamakan asupan protein hewani untuk mencegah stunting agar pertumbuhan anak optimal.

Batasi seminimal mungkin camilan tidak sehat, junk food yang tinggi gula dan tinggi karbohidrat untuk mencegah obesitas dan sindrom metabolik. Atur konsumsi MSG dan garam pada anak.

Demikian beberapa cara mencegah penyakit jantung yang perlu diketahui orang tua.






Sumber : cnnindonesia.com

0 comments: