5 Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Jumat, Juli 22, 2022 Majalah Holiday 0 Comments

5 Pengusaha Muslim Terkaya di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia
Orang terkaya di Afrika, Aliko Dangote. (nigeriana.org)

Suara.com - Konglomerat dunia identik dengan warga Amerika-Eropa penguasa teknologi global. Di samping Elon Musk yang kini jadi bos Twitter atau Roman Abramovich yang selama belasan tahun memiliki klub sepakbola Chealsea FC, pengusaha muslim terkaya di dunia ini juga tak bisa dipandang sebelah mata.

Di tengah kejayaan muslim yang semakin meredup dan lahirnya islamophobia di negara barat, berikut nama-nama pengusaha muslim yang namanya diperhitungkan di dunia. 

1. Aliko Dangote 

Kendati Nigeria menjadi salah satu negara miskin di Afrika, Dangote yang lahir dan besar di negara tersebut berhasil menjadi salah satu muslim terkaya di dunia. Forbes Real-Time Billionaires menyebutkan CEO Dangote Group ini memiliki kekayaan USD 14,5 miliar atau sekitar Rp21o triliun. Dia menjadi orang terkaya ke-130 di dunia

Kekayaan itu berasal dari bisnis semen terbesar di Afrika yang dia miliki yakni Dangote Cement. Penguasaan pasar dari bisnis ini mencapai 85% dengan produksi 48,6 juta ton semen per tahun. Di samping itu dia juga mengembangkan bisnis di bidang pupuk dan kilang minyak. 

2. Azim Premji

Azim Premji, seorang muslim asal Gujarat, India ini merupakan pendiri perusahaan software Wipro. Dari sana dia bisa memperoleh kekayaan USD 9,5 miliar atau setara Rp137 triliun. Dia adalah orang terkeya ke-206 di dunia dan ke-18 di India. Pria yang drop out dari Stanford University ini juga memiliki innovation centre di Silicon Valley dan fokus pada pengembangan teknologi baru. 

3. Chairul Tanjung 

Orang yang dijuluki Si Anak Singkong ini ternyata masuk dalam jajaran muslim terkaya di dunia. Chairul memiliki kekayaan USD 8,5 miliar atau setara Rp123 triliun. Chairul menjadi orang terkaya ke-263 di dunia dan orang terkaya ke-3 di Indonesia. Chairul Tanjung dikenal lantaran memiliki CT Corp, holding company yang menaungi bisnis ritel, kuliner, properti, perhotelan, hingga media. 

4. Shahid Khan

Muslim keturunan Amerika-Pakistan ini mengantongi kekayaan USD 7,6 miliar atau sekitar Rp109 triliun dan menjadikannya orang ke-313 terkaya di dunia. Shahid Khan merupakan insinyur yang kini memiliki pabrik bumper truk dengan total 26.000 pekerja. Di samping lini bisnis tersebut, Khan juga memiliki klub American Football, Jacksonville Jaguars NFL yang ia beli pada 2012 silam. Setahun kemudian Khan juga membeli klub Liga Inggris Fulham F.C.

5. Abdulsamad Rabiu 

Abdulsamad Rabiu mencatatkan kekayaan USD 6,6 miliar atau setara Rp95 triliun lewat bisnis pemurnian gula, semen, hingga real estate. Pria asal Nigeria ini menjadi salah satu orang terkaya di dunia sekaligus orang terkaya ke-361 di dunia. 

Sumber : suara

0 comments: