5 Sungai Terbersih di Dunia dengan Pesona Menggoda, Ada dari Indonesia?

Senin, Juli 18, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


SELAIN pegunungan dan pantai, sungai yang bersih juga menjadi bagian dari incaran wisatawan untuk sembari menikmati liburan di alam. Di sejumlah negara terdapat sungai-sungai yang sangat bersih, dan tidak tercemari.

Sebagaimana diketahui, bahwa menjaga kebersihan sungai sangatlah penting. Ini dikarenakan jika salah satu sumber air itu tercemari, maka kelangsungan hidup di sekitarnya juga ikut rusak. Sebaliknya, apabila keadaan sungai itu bersih membuat kehidupan di sekitarnya pun ikut makmur.

Nah dilansir dari akun Instagram @peponitravel, berikut ini sungai terbersih di dunia yang ada di lima negara.

1. Sungai ST Croix, Amerika Serikat

Sungai ST Croix adalah salah satu sungai yang masuk dalam kategori terbersih di dunia, berlokasi di Amerika Serikat. Memiliki panjang hingga 264 kilometer mengalir melintasi negara bagian Wisconsin dan Minnesota.

Dulunya Sungai St Croix pernah menjadi sungai yang kotor, karena adanya industri kayu yang menggunakan alirannya sebagai jalur transportasi. Akan tetapi pada 1915, pemerintah berusaha mengembalikan kebersihan sungai St Croix. Sehingga sekarang ini jadi sungai terbersih di Amerika Serikat.


Infografis Bendungan Engehalde

2. Sungai Soca, Slovenia

Sungai yang memiliki panjang hingga 138 kilometer ini, mengalir dari utara Slovenia dan berakhir di Laut Adriatik. Sungai Soca menyimpan keindahan, serta kejernihan airnya. Sehingga menjadikannya dinobatkan sebagai salah satu sungai paling bersih di dunia.

Selain itu, air Sungai Soca memiliki warna hijau karena pantulan dari pepohonan. Ini karena di sekitar sungai terdapat bebatuan serta pepohonan hijau, sehingga membuat pemandangan di sungai ini sangat menakjubkan.

3. Sungai Futaleufu, Argentina

Selanjutnya adalah Sungai Futaleufu yang berlokasi di Provinsi Chubut, Argentina. Di mana sungai ini melintasi perbatasan Argentina dan Chili.



Sungai Futaleufu memiliki panjang hingga 105 kilometer. Disebut sebagai 'Un paisaje pintado poor Dios' artinya 'pemandangan yang dilukis oleh Tuhan'. Sebutan tersebut didasari oleh air sungainya yang jernih dan terdapat tumbuhan berwarna hijau yang menjadikan pemandangannya sangat indah.

4. Sungai Hanalei, Hawaii

Lalu ada Sungai Hanalei di Hawaii, sungai ini melintasi lereng timur gunung Wai’ale’ dan berakhir di teluk Hanelei memiliki panjang 26 kilometer.

Sungai tersebut memiliki pemandangan indah di sekitarnya. Terdapat hamparan sawah hijau, serta pebukitan. Menariknya lagi, Bill Clinton telah menetapkan sungai ini sebagai salah satu warisan bagi negeri Paman Sam pada 1998 lalu.

Sungai Thames, Inggris

(Foto: Instagram/@mark_bridge82)

5. Sungai Thames, Inggris

Sungai Thames yang menjadi salah satu dari ikon kota London, dan merupakan bagian sungai yang paling terkenal di dunia. Memiliki panjang 346 kilometer, dinobatkan menjadi sungai terpanjang kedua di Inggris.

Apabila Anda berkesempatan berkunjung ke sungai ini, dan menyusuri sungai Thames, maka dapat melihat berbagai situs sejarah di London seperti Tower of London, Tower Bridge, London Bridge dan London Eye.


Sumber : OKEZONE 

0 comments: