6 Destinasi Wisata Pantai di Gunung Kidul, Pesonanya Memanjakan Mata!

Sabtu, Juli 23, 2022 Majalah Holiday 0 Comments


MENGHABISKAN waktu bersama dengan orang terkasih merupakan kesempatan yang patut dinikmati dan disyukuri.

Namun, kerap kali ketika hari libur tiba, kita kebingungan untuk memilih aktivitas apa yang sekiranya dapat dilakukan untuk mengisi waktu kosong. Padahal, berwisata mampu menjadi pilihan yang tepat untuk dipilih, terlebih berwisata ke pantai.

Suasana pantai yang sejuk dan juga pemandangan alam yang cantik mampu memanjakan mata wisatawan untuk sejenak beristirahat dan melepas penat.

Selain itu, suasana itu juga mampu memberikan ketenangan dalam diri wisatawan sehingga dapat terlepas dari beban kerja atau sekolah yang biasanya melekat di pikiran kita.

Meskipun masa liburan anak sudah usai, destinasi wisata pantai di Gunung Kidul, Yogyakarta berikut ini dapat menjadi pilihan untuk refreshing di akhir pekan.

Pantai Gesing

Pesona utama Pantai Gesing terletak pada dua bukit yang mengapit lokasi ini. Dengan pasir yang putih dan air laut yang jernih, pantai ini mendapatkan julukan sebagai surga tersembunyi. Saat mengunjungi wisata pantai ini, wisatawan dapat menikmati berenang di tepi pantai karena gelombangnya yang tenang.

 infografis


Pantai Baron

Saat memasuki area bibir Pantai Baron, wisatawan akan dapat melihat kapal nelayan berjajaran dan ikan hasil tangkapan nelayan setempat. Di pantai ini juga terdapat beberapa tempat makan yang mengolah hasil tangkapan nelayan. Bukan hanya wisata kuliner, di Pantai Baron juga tersedia banyak sekali spot foto yang dapat dinikmati wisatawan saat berkunjung ke sana.

Pantai Ngobaran

Berbeda dengan pantai lain, Pantai Ngobaran sangat lekat dengan kebudayaan agama Hindu. Tentunya itu akan menjadi daya tarik tersendiri. Di pantai ini dapat dilihat keberadaan arca, pura, selain pelaksanaan ritual agama yang juga sering dilakukan di pantai ini.

Bukan hanya itu, secara sejarah ternyata pantai ini erat kaitannya dengan Kerajaan Demak dan Majapahit. Pengambilan nama “Ngobaran” berasal dari peristiwa di mana Prabu Brawijaya V melakukan moksa dengan cara membakar diri, karena tidak ingin bertarung melawan anaknya, Raden Patah. Melalui pembakaran diri itulah, muncul “kobaran” api yang cukup besar. Oleh karena itu, nama “Ngobaran” diambil dari kobaran.

Pantai Slili

Dibandingkan dengan pantai lain, Pantai Slili cenderung lebih sepi sehingga sangat cocok untuk wisatawan yang lebih menyukai suasana tenang dan tidak terganggu banyak orang. Selain itu, pantai ini juga memiliki garis pantai yang lebih pendek dibandingkan dengan pantai lainnya.

Pantai Indrayanti

Pesona pantai Indrayanti tersirat dari pasir putih yang menghiasi setiap sisi dari pantai. Selain itu, di pinggir pantai tersedia fasilitas gazebo yang dapat dimanfaatkan wisatawan untuk duduk bersantai sembari menikmati pemandangan.

Pantai Drini

Pantai Drini memiliki karakteristik unik dibandingkan dengan pantai lainnya. Keunikan tersebut didapatkan dari adanya pulau karang yang membelah bagian pantai menjadi dua. Pulau tersebut membuat terciptanya sisi timur dan kiri dari barat. Kedua sisi memiliki karakteristik air yang berbeda, sisi timur cenderung tenang sedangkan sisi barat lebih garang. 


Sumber : OKEZONE 

0 comments: